Bunuh Virus dengan Cuci Tangan Rutin


Bunuh Virus dengan Cuci Tangan Rutin

Di era pandemi Covid-19 seperti ini, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yang sesuai dengan protokol kesehatan merupakan kunci dari pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Kita harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga  kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.  Membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

Sebagai salah satu anggota tubuh yang sering digunakan untuk memegang benda-benda di sekitar, tangan merupakan bagian tubuh yang penting untuk dijaga kebersihannya. Karena dengan tangan yang bersih, virus-virus yang banyak tersebar tidak akan masuk kedalam tubuh melalui tangan yang digunakan untuk makan dan menyentuh area wajah.

Cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir wajib dilakukan terutama selama masa pandemi Covid-19. Virus penyebab Covid-19 adalah material kecil yang dibungkus protein dan lemak, sehingga mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir minimal 20 detik mampu menghancurkan dan mematikan virus tersebut.

Tetap jaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M seperti Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, hingga Menghindari kerumunan serta bersegera dalam mengikuti program vaksinasi dosis lengkap dan booster untuk meminimalisir kematian dan hospitalisasi akibat paparan Covid-19, serta dapat membantu menciptakan kekebalan secara kelompok ditengah masyarakat Indonesia.

 

Review: Astasari

  Mutiara Mutia Rani

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait