KELOMPOK USIA

Remaja 10-18 Tahun

Remaja

Remaja merupakan kelompok usia 10 tahun sampai sebelum berusia 18 tahun. Upaya kesehatan remaja memiliki tujuan untuk mempersiapkan remaja menjadi orang dewasa yang sehat, cerdas, berkualitas, dan produktif dan erperan serta dalam menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dirinya.

Kesehatan remaja merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena pada masa ini remaja mengalami perubahan fisik, psikologis, dan sosial yang signifikan. Kementerian Kesehatan RI menekankan bahwa kesehatan remaja sangat dipengaruhi oleh pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur. Remaja yang sehat ditandai dengan berat badan, tinggi badan, dan indeks massa tubuh yang sesuai dengan usianya.

Upaya Kesehatan Remaja meliputi perkembangan positif, pencegahan kecelakaan, pencegahan kekerasan, kesehatan reproduksi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan pencegahan penyakit tidak menular, gizi dan aktifitas fisik; kesehatan Jiwa; dan kesehatan remaja pada situasi krisis.

Remaja juga perlu memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik, serta kemampuan untuk mengambil keputusan yang baik dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Pola makan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi kesehatan remaja. Orangtua dan remaja sendiri perlu memperhatikan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Aktivitas fisik yang teratur juga perlu diperhatikan, seperti olahraga ringan atau berjalan-jalan, untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta kekuatan otot dan tulang. Jika ada keluhan atau tanda-tanda tidak sehat pada remaja, segera konsultasikan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Pencegahan dan perawatan yang tepat dapat membantu mempertahankan kesehatan remaja dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Upaya Kesehatan Remaja selain ditujukan kepada remaja juga ditujukan kepada orang tua atau pengasuh untuk mendukung dan mewujudkan remaja yang sehat. Upaya Kesehatan Remaja harus melibatkan peran serta remaja dalam menjaga mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dirinya.

Dukungan keluarga sangat diperlukan sehingga remaja dapat tumbuh sehat sesuai degan kemampuan, minat, dan bakatnya; mencegah perkawinan remaja; dan memfasilitasi remaja mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar. Dukungan Keluarga sebagaimana dimaksud dalam pengasuhan, pemeliharaan, Pendidikan, dan perlindungan kepada remaja.

 

Topik Kesehatan Terkait

Penyakit Terkait

Tips Aman Bepergian dengan Obat-obatan Anda
Dewasa (19-59 Tahun) Anak-anak (5-9 Tahun) Lansia (60+ Tahun) Remaja (10-18 Tahun)

Tips Aman Bepergian dengan Obat-obatan Anda

Bepergian bisa menjadi hal yang cukup sibuk tanpa perlu khawatir tentang obat-obatan yang diminum, Jadi saat Anda bepergian, penting untuk

Waspadai Musim Hujan dan Banjir!!! Leptospirosis Diam-diam Mematikan
Dewasa (19-59 Tahun) Anak-anak (5-9 Tahun) Lansia (60+ Tahun) Remaja (10-18 Tahun)

Waspadai Musim Hujan dan Banjir!!! Leptospirosis Diam-diam Mematikan

Leptospirosis Leptospirosis adalah penyakit zoonosa yang disebabkan oleh infeksi bakteri berbentuk spiral dari genus leptospira yang patogen. Leptospirosis merupakan zoonosis yang

Hujan, Tikus, dan Leptospirosis
Dewasa (19-59 Tahun) Remaja (10-18 Tahun)

Hujan, Tikus, dan Leptospirosis

Musim hujan identik dengan peningkatan jumlah kasus beberapa penyakit, salah satunya Leptospirosis. Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. patogenik, dimana

Kalender

Kampanye Kesehatan


Media Publikasi


Sosial Media


Podcast