KELOMPOK USIA

Bayi dan Balita < 5 Tahun

Bayi dan Balita

Masa Bayi Balita adalah masa setelah dilahirkan sampai sebelum berumur 59 bulan, terdiri dari bayi baru lahir usia 0-28 hari, bayi usia 0-11 bulan dan anak balita usia 12 - 59 bulan. Kesehatan bayi dan balita sangat penting diperhatikan karena pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mentalnya sangat cepat. Upaya Kesehatan bayi dan balita meliputi tata laksana dan rujukan, gizi, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan, imunisasi, rehabilitasi dan perawatan jangka panjang pada penyakit kronis/langka, pola asuh dan stimulasi perkembangan, serta penyediaan lingkungan yang sehat dan aman. 

Selain upaya kesehatan tersebut, pada bayi,  kesehatan yang perlu diperhatikan adalah pencegahan infeksi, pelayanan neonatal esensial, pemberian makan bayi dan anak, skrining bayi baru lahir, perawatan BBLR, dan gizi bagi ibu menyusui hingga skiring pada balita. Kesehatan bayi dan balita sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan nutrisi yang cukup serta perawatan yang baik. Bayi dan balita yang sehat ditandai dengan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang sesuai dengan usianya.

Pada masa bayi, kesehatan sangat ditentukan oleh nutrisi yang diberikan oleh ibu melalui ASI. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, kemudian dilanjutkan dengan MPASI yang sehat dan bergizi. Perawatan bayi juga perlu diperhatikan, seperti perawatan kulit, sanitasi dan kebersihan, serta vaksinasi untuk melindungi bayi dari penyakit. Sedangkan pada masa balita, selain nutrisi yang baik, juga perlu diperhatikan kegiatan fisik dan stimulasi yang dapat membantu perkembangan otak dan keterampilan sosial.

Kegiatan fisik yang tepat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otot serta tulang pada anak. Selain itu, orangtua juga perlu memberikan stimulasi pada anak, seperti membaca cerita dan bermain, untuk membantu meningkatkan keterampilan bahasa, sosial, dan kognitif. Kesehatan bayi dan balita dapat dilihat dari berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta aktivitas dan respons yang sesuai dengan usianya. Jika ada keluhan atau tanda-tanda tidak sehat pada bayi atau balita, segera konsultasikan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Topik Kesehatan Terkait

Penyakit Terkait

Ingin Si Kecil Tumbuh Optimal? Resep MPASI Lengkap Jawabannya!
Bayi dan Balita (< 5 Tahun)

Ingin Si Kecil Tumbuh Optimal? Resep MPASI Lengkap Jawabannya!

Saat baru lahir bayi mendapatkan asupan nutrisinya dari ASI atau air susu ibu. Namun, saat bayi mencapai usia 6 bulan

Gizi Seimbang, Latihan Puasa Si Kecil Lancar
Bayi dan Balita (< 5 Tahun)

Gizi Seimbang, Latihan Puasa Si Kecil Lancar

Bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat muslim. Pada bulan ini ayah bunda dapat memperkenalkan ibadah puasa pada si kecil dengan

Tips Agar Anak Tidak Sakit
Bayi dan Balita (< 5 Tahun)

Tips Agar Anak Tidak Sakit

Secara umum, anak usia kurang dari 5 tahun akan mengalami infeksi virus ringan sekitar 8-12 kali dalam setahun. Setelah anak

Kalender

Kampanye Kesehatan


Media Publikasi


Sosial Media


Podcast