
Edukasi Partisipatif Untuk Mengubah Norma

Jika perilaku sudah lama dibekap norma masyarakat dan setiap intervensi orang lain dipertanyakan, pendekatan apa yang lebih berpeluang?
Metode KAP bertumpu pada proses yang menyenangkan, mengutamakan hubungan, harmonis- non konfrontatif, partisipatif, dan apresiatif. Jadi, ada 5 unsur penting dalam KAP. Tapi, dosis masing-masing unsur bisa disesuaikan dengan situasi.
Untuk perilaku yang dibekap norma, unsur partisipasi perlu dibuka lebih luas sambil mempertahankan unsur-unsur yang lain. Ajak partisipan pertemuan untuk bersama-sama melihat, memikirkan, dan menilai sendiri situasi yang dihadapi dan apa yang perlu dilakukan bersama.
Kerangka prosesnya: divergensi - mutual understanding - konvergensi, dengan fondasi hubungan akrab.
Edukator kesehatan tidak perlu mendikte atau mengajari karena dianggap bukan wilayahnya. Kok, ngurusi urusan itu, sih?
Jika memaksa, orang akan menolak, baik dengan terang-terangan atau seperti kebanyakan orang kita, menolak dalam hati.
Karena itu, buka saja ruang untuk partisipasi. Obrolin sama-sama.
Edukator kesehatan bisa menjadi pihak yang membantu orang-orang untuk mengobrol secara menyenangkan. Rasanya perlu juga mengajari orang-orang teknik-teknik untuk mengobrol sehat, seperti mendengarkan, percakapan nonverbal, curah pendapat, dan beberapa teknik mengambil keputusan bersama.
Ending-nya tidak kalah penting. Karena yang dihadapi adalah norma, maka obrolan mesti menghasilkan kesepakatan bersama. Tidak perlu yang muluk-muluk. Yang penting bisa dikerjakan saja.
Pasar Minggu, 25 Februari 2025 - RR