Tips Komunikasi Perubahan Perilaku

 
Program Inovasi Edukasi Kesehatan

Tips Komunikasi Perubahan Perilaku


 
Persepsi penyakit mematikan perempuan

Persepsi penyakit mematikan perempuan

Penyakit apa saja yang menurut publik paling mematikan bagi perempuan? UNICEF Nielsen Kuartal 4 2024 melempar pertanyaan itu pada 2000 responden

Pemeriksaan kesehatan: tubuh vs motor

Pemeriksaan kesehatan: tubuh vs motor

Kebanyakan orang menyervis motornya secara berkala. Minimal, dalam masa garansi yang dilakukan di bengkel resmi. Padahal kan motornya tidak mogok

Model percakapan edukasi waktu terbatas

Model percakapan edukasi waktu terbatas

Salah satu model percakapan yang dapat diandalkan dalam edukasi waktu terbatas adalah yang berangkat dari bertanya. Tapi bukan bertanya sekedar

Belajar komunikasi seperti belajar sepeda

Belajar komunikasi seperti belajar sepeda

“Ini adalah sepeda, sebuah alat transportasi yang menggunakan tenaga manusia dengan cara dikayuh sehingga dua rodanya berputar. Bersepeda melibatkan 2

Komunikasi nonverbal dalam edukasi terbatas waktu

Komunikasi nonverbal dalam edukasi terbatas waktu

Komunikasi nonverbal sangat penting dalam edukasi terbatas waktu, seperti di meja layanan.  Karena lebih cepat sampai pada orang dibandingkan pesan kata-kata,

Edukasi dalam waktu terbatas

Edukasi dalam waktu terbatas

“Di layanan, waktunya terbatas. Antrian panjang. Lama sedikit, orang protes. Bagaimana bisa menerapkan KAP?” Ini pertanyaan kerap ditanyakan mereka yang ingin

Popularitas Tes IVA

Popularitas Tes IVA

Sejumlah penyakit dapat diatasi bila diketahui secara dini. Salah satunya adalah kanker serviks. Bila diketahui secara dini, peluang menyembuhkan kanker

Tanpa makan minum apapun, bayi baru lahir bertahan berapa hari?

Tanpa makan minum apapun, bayi baru lahir bertahan berapa hari?

Teorinya, bayi sejak lahir sampai 6 bulan hanya boleh diberi ASI Saja atau ASI Eksklusif. Namun, kenyataannya, tak lama setelah

Kebanyakan ketawa-ketiwi di edukasi KAP

Kebanyakan ketawa-ketiwi di edukasi KAP

Di suatu forum seorang jurim (juru imunisasi) bercerita atasannya menegur halus. “Apa tidak kebanyakan ketawa itu sesi edukasinya. Mungkin pelajarannya

Pencari informasi (kesehatan) aktif

Pencari informasi (kesehatan) aktif

Dalam Survei UNICEF Nielsen Q3 2024, sebanyak 2000 responden di 6 kota besar ditanya, “Dalam beberapa bulan belakangan, apakah Anda

Tahun 2025: memulai Pusat Pelatihan KAP Anak Muda

Tahun 2025: memulai Pusat Pelatihan KAP Anak Muda

Di Forum KAP ada kumpulan anak muda yang sering ikut mengisi kegiatan pelatihan maupun  edukasi. Latar belakang mereka beragam. Ada

Membicarakan masalah kesehatan sensitif

Membicarakan masalah kesehatan sensitif

Ada masalah-masalah kesehatan sensitif yang orang enggan mendengarnya. Karena membuat malu, sedih, takut, khawatir, atau emosi lainnya. Membicarakan dengan apa

Persepsi tentang penyakit: menular, tidak menular, keturunan?

Persepsi tentang penyakit: menular, tidak menular, keturunan?

Survei UNICEF Nielsen Q3 2024 menanyakan pada 2000 responden di 6 kota besar, apakah penyakit-penyakit berikut menular, tidak menular, atau

Intervensi perilaku sosial

Intervensi perilaku sosial

Kalau masalah perilakunya masalah sosial, rasanya sulit mengandalkan pendekatan atau metode privat alias perorangan. Apalagi bagi masyarakat Indonesia, yang katanya

Menyiasati ketiadaan persamaan profil (komunikator - komunikan)

Menyiasati ketiadaan persamaan profil (komunikator - komunikan)

Persamaan (similarity) adalah salah satu elemen persuasi yang ampuh, termasuk ke dalamnya adalah persamaan profil antara komunikator dan komunikan. Teorinya,

Ujicoba metode perubahan perilaku

Ujicoba metode perubahan perilaku

Bila suatu metode perubahan perilaku diuji coba di lapangan oleh Si Penyusun dan berhasil mengubah perilaku warga, apakah bisa disimpulkan

KAP untuk edukasi kanker serviks

KAP untuk edukasi kanker serviks

Layanan tes IVA untuk periksa kanker serviks sudah tersedia cukup lama di Puskesmas tapi ibu-ibu yang memanfaatkannya hanya sekitar 7%

Menghadapi orang yang meremehkan

Menghadapi orang yang meremehkan

Adakalanya kerja edukator kesehatan menemui kendala. Salah satunya, warga yang meremehkan. “Tahu apa sih bu kader ini?”; “Bu Bidan kan

Selalu ada ruang untuk saling mengenal

Selalu ada ruang untuk saling mengenal

“Karena satu desa, para bumil pastilah sudah saling kenal. Jadi, tidak perlulah (sesi perkenalan itu),” ujar satu penanggap terhadap bab

Membicarakan masalah (gizi) tanpa masalah

Membicarakan masalah (gizi) tanpa masalah

Ada masalah kesehatan yang sensitif dibicarakan. Yang kalau dibicarakan apa adanya membuat orang malu, khawatir, tersinggung, atau malah emosi. Perlu

Uji Coba Poster

Uji Coba Poster

“Posternya sudah diuji coba?” “Oh, tentu sudah. Sebelum finalisasi, kami sudah kumpulkan warga, buat FGDs, lalu kami lempar sejumlah pertanyaan, seperti

Agar mahasiswa tidak diremehkan

Agar mahasiswa tidak diremehkan

“Saya khawatir orang-orang apalagi tokoh meremehkan kami. Memangnya kamu siapa? Bagaimana caranya agar mereka mau mendengarkan kami?” tanya seorang mahasiswa

Advokasi konfrontatif vs harmonis

Advokasi konfrontatif vs harmonis

“Pak, masalah malaria ini tidak kalah penting dari stunting. Tapi selama ini, perhatian yang diberikan padanya kecil sekali. Tak heran,

Pujian, apresiasi, & apresiasi gaya KAP

Pujian, apresiasi, & apresiasi gaya KAP

“Wah, berat badan adik Budi tetap kurang ini.” “Wah, berat badan adik Budi naik dari bulan lalu.” Misalkan dua umpan balik di

Beda KAP 1.0 dan KAP 2.0

Beda KAP 1.0 dan KAP 2.0

Rekan promkes Jawa Timur menanyakan apa beda model KAP 1.0 dan KAP 2.0?  Sekedar latar belakang. KAP 1.0 diwakili KAP untuk

Pelatihan KAP di masjid Istiqlal: bermain bersama tokoh agama

Pelatihan KAP di masjid Istiqlal: bermain bersama tokoh agama

Apakah model Pelatihan KAP bisa diaplikasikan pada kelompok tokoh agama? Bukan hanya yang muda-muda tapi tokoh senior. Seperti ketua MUI

Momen dimana perubahan perilaku lebih mudah

Momen dimana perubahan perilaku lebih mudah

Menurut seorang ahli, orang itu lebih mudah berubah saat berada di clean slate, semacam lembar baru atau awal baru.  Menurut Katy

Modal sosial di kelas ibu hamil

Modal sosial di kelas ibu hamil

Ini cerita seorang rekan promkes mendampingi kelas ibu hamil. Dalam pertemuan pertama, dia mengamati bagaimana edukasi berlangsung. Berlangsung seperti penyuluhan

Mengelola sesi partisipasi dalam waktu terbatas

Mengelola sesi partisipasi dalam waktu terbatas

“Waktunya tak cukup bila semua orang menulis pendapat (di kartu metaplan). Yang punya ide, bicara saja.” Begitu kata seorang fasilitator saat

Edukasi penyakit-penyakit menular dengan teori EPPM

Edukasi penyakit-penyakit menular dengan teori EPPM

Polio sangat berbahaya. Mudah menular pula. Sekali anak kena, kakinya lumpuh seumur hidup. Tidak bisa disembuhkan, meski dibawa ke mana-mana. Di

Edukasi kesehatan menyenangkan di sekolah oleh para guru

Edukasi kesehatan menyenangkan di sekolah oleh para guru

Sesi edukasi imunisasi HPV tengah berlangsung paralel di kelas 5 & 6 dengan edukator peserta ToT KAP imunisasi HPV.  Sementara, di

Belajar perilaku sehat yang aktif

Belajar perilaku sehat yang aktif

Agar bermakna, belajar mesti aktif. Minimal para pembelajar aktif di kepalanya. Menyimak, mencerna, mengingat-ingat. Lebih mantap lagi bila pembelajar juga

Membentuk kebiasaan minum obat TBC (pengobatan jangka panjang)

Membentuk kebiasaan minum obat TBC (pengobatan jangka panjang)

Pengobatan TBC membutuhkan waktu tidak sebentar. Pasien TBC SO perlu minum OAT (obat anti tuberculosis) sampai 6 bulan. Pasien TBC

Faktor PTM dalam kacamata warga

Faktor PTM dalam kacamata warga

Jantung, stroke, kanker, dan penyakit-penyakit PTM lainnya merupakan penyakit pembunuh tingkat atas di negeri ini. Karena itu, warga semestinya paham

Edukator Kesehatan: talkative atau communicative?

Edukator Kesehatan: talkative atau communicative?

Orang suka berpikir edukator kesehatan mestilah pandai dan lancar bicara, cas cis cus. Apakah selalu begitu? Dalam perilaku berkomunikasi, ada yang

Teori untuk habit hidup sehat

Teori untuk habit hidup sehat

Sesi belajar teori perubahan perilaku sudah membahas 2 teori dasar. Pertama, teori yang memandang orang perorangan berubah perilakunya demi tujuan

Agar buku KIA dibaca dengan senang hati

Agar buku KIA dibaca dengan senang hati

Buku KIA dicetak jutaan kopi. Cantik desain dengan gambar warna-warni. Dibagi gratis setiap bumil di negeri ini. Dengan demikian, masalah

Aplikasi TTM

Aplikasi TTM

Bagi Teori TTM (The Transtheoritical Model), perubahan perilaku bukan suatu peristiwa, misalnya dari hobi makan minum manis lalu menjadi tidak

Kolaborasi Praktisi KAP dan Praktisi KAP PKRS

Kolaborasi Praktisi KAP dan Praktisi KAP PKRS

Siang tadi (2/10/24) sejumlah praktisi KAP bertemu praktisi KAP PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) dalam zoom. Diskusi singkat tentang kolaborasi

Perubahan perilaku tidak seperti menyalakan lampu

Perubahan perilaku tidak seperti menyalakan lampu

Klinik A berhasil mengubah perilaku makan 1000 orang dalam setahun. Posyandu B berhasil mengajak 30 orang mengubah perilaku makannya dalam setahun. Apakah

Mengapa edukasi perubahan perilaku sehat di SD itu penting?

Mengapa edukasi perubahan perilaku sehat di SD itu penting?

Yang dimaksud di sini bukan edukasi untuk prestasi belajar, nilai, ujian, atau pengayaan kognitif tapi edukasi yang berorientasi aksi, perilaku

TPB untuk desain pesan: variabel #2

TPB untuk desain pesan: variabel #2

Variabel independen kedua dalam TPB (Theory of Planned Behaviour/ Teori Perilaku yang Direncanakan) adalah norma subjektif.  Norma kok subjektif? Bukankah norma

TPB untuk desain pesan: variabel #1

TPB untuk desain pesan: variabel #1

1 dari 3 variabel independen dalam TPB (Theory of Planned Behaviour/ teori perilaku yang direncanakan) adalah sikap. Sikap dipandang bertanggung

Teknik mengenalkan nama secara menancap

Teknik mengenalkan nama secara menancap

Setiap teknik KAP ada ceritanya sendiri, yang kebanyakan berasal dari kejadian-kejadian di lapangan. Termasuk di sini, mengenalkan nama secara menancap.  Terkait

KAP belajar untuk akrab

KAP belajar untuk akrab

Dari Kupang, tim Portkesmas kemarin yang tengah memfasilitasi ToC KAP, mengirim rekaman video pendek. Partisipan pelatihan yang hendak pulang di-elu-elu-kan.

Nyambung

Nyambung

“Suami bilang anak bisulan kalau makan telur. Makanya, saya ga kasih,” ujar seorang ibu pada Bidan. Kira-kira apa yang bisa dilakukan

Jangan “jualan” perilaku sehat

Jangan “jualan” perilaku sehat

Saat “menjual”, apakah penjual beneran menjual produk? Atau dia menjual hal lain? Ambil contoh air kemasan.  Apakah dia “menjual” air dalam kemasan

KAP untuk ngider sehat

KAP untuk ngider sehat

Dinkes suatu kota mengirim surat ke Forum KAP meminta sesi pelatihan bagi tim nakes yang akan menjalankan kegiatan Ngider Sehat.  Asyiiiik!

Baca buku KIA dengan numpang budaya oral

Baca buku KIA dengan numpang budaya oral

Seorang rekan kirim WA, “Kaget juga. Kader-kader banyak yang belum pernah baca buku KIA.” Kok, tidak baca? Apa tidak ada motivasi? Masalahnya

Khalayak Pasif vs Aktif

Khalayak Pasif vs Aktif

Teori-teori efek media dapat dibagi dalam sejumlah kategori, di antaranya adalah posisi khalayak. Ada teori yang mengasumsikan khalayak pasif dan

Siswa sebagai edukator

Siswa sebagai edukator

Siswa-siswi di sekolah bukan hanya bisa menjadi penerima manfaat tapi bisa juga pemberi manfaat. Bukan sebagai objek tetapi subjek. Bukan

KAP Kelompok berdasarkan tingkat penerimaan (imunisasi)

KAP Kelompok berdasarkan tingkat penerimaan (imunisasi)

Tingkat penerimaan orang tua terhadap imunisasi berbeda-beda. Ada yang menerima, ragu-ragu, dan menolak. Perlu pendekatan edukasi/ persuasi berbeda untuk setiap

Komunikasi publik untuk PHBS, diperlukankah?

Komunikasi publik untuk PHBS, diperlukankah?

Bagaimana strategi komunikasi publik untuk PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat)? Ini pertanyaan utama dari panitia untuk presentasi via zoom di rapat

Jangan serius edukasi yang menolak (imunisasi)

Jangan serius edukasi yang menolak (imunisasi)

Diajak kawan mengisi sesi komunikasi antarpribadi untuk peningkatan penerimaan imunisasi di Regional Immunization Champion Workshop (25/8/24, Graha IDAI Jakarta), pesan

Menghilangkan warisan perundungan

Menghilangkan warisan perundungan

Sebetulnya warisan Penjajah Belanda dalam bentuk bangunan-bangunan tidak perlu membuat sedih. Malah patut disyukuri. Apalagi, bangunannya kokoh tak mudah roboh.  Warisan

Komunikasi hasil pemantauan praktik MPASI

Komunikasi hasil pemantauan praktik MPASI

Dalam Juknis Pemantauan Praktik MPASI (Makanan Pendamping ASI) anak usia 6 – 23 bulan terdapat bab tentang KAP (Komunikasi Antarpribadi).

Mestinya makan (bersama) gratis bukan hanya urusan biologis

Mestinya makan (bersama) gratis bukan hanya urusan biologis

Dalam tradisi kita, makan bersama-sama tidak pernah ditujukan hanya untuk kepentingan makan, urusan biologis, atau sekedar asupan gizi saja. Walau

Jangan lupa foto ramai-ramai saat PIN Polio

Jangan lupa foto ramai-ramai saat PIN Polio

Selain foto, video juga boleh. Yang penting gambaran ramai-ramai. Orang tua ramai-ramai membawa anak ke tempat imunisasi. Menunggu bersama tapi jangan

Jangan langsung beritahu solusi

Jangan langsung beritahu solusi

Jangan mentang-mentang sudah tahu duluan lalu langsung memberitahu. Edukator kesehatan memang sudah tahu lebih dulu dibanding kebanyakan siswa SD masalah

Model Edukasi Yang Sebaiknya Dihindari

Model Edukasi Yang Sebaiknya Dihindari

Sebetulnya tidak ada model-model khusus yang perlu dihindari. Semua sah saja asal 1) tak memberi beban tambahan pada guru dan

Edukasi pada kelompok yang menolak

Edukasi pada kelompok yang menolak

Di atas kertas bagaimana caranya mengedukasi dan mempersuasi kelompok warga yang sudah terlanjur enggan atau bahkan menolak imunisasi? Sebisa mungkin intervensi

Edukasi Kesehatan dari sekolah ke keluarga

Edukasi Kesehatan dari sekolah ke keluarga

Meski manfaatnya dirasakan anak, orang tua adalah pihak yang menentukan layanan kesehatan yang diterima anak. Imunisasi HPV, misalnya. Anak perempuan

Pendekatan Edukasi Imunisasi

Pendekatan Edukasi Imunisasi

Pada kelompok masyarakat yang diketahui bersikap menolak, kegiatan edukasi lebih diutamakan dengan pendekatan yang indirect (tidak langsung), implicit (tersirat), atau

Permainan Tangkap Jari untuk cerita & konsentrasi

Permainan Tangkap Jari untuk cerita & konsentrasi

“Mari, Ibu-Ibu. Tangan kanan angkat ke atas, letakkan di depan pinggang dengan telapak tengadah. Tangan kiri mana? Coba tunjukkan telunjuknya.

Edukasi Jaga Gawang & Kesehatan Masyarakat

Edukasi Jaga Gawang & Kesehatan Masyarakat

Ada cerita dari rekan nakes terkait pilot Pustu (Puskesmas Pembantu) sebagai UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat), yang berkonsentrasi pada upaya promotif

Edukasi vs Jualan

Edukasi vs Jualan

Di mata warga, ada perbedaan antara edukasi dan jualan (selling). Yang pertama cenderung dilihat sebagai upaya ikhlas membuat warga paham

TBC membuat malu

TBC membuat malu

Kalau orang malu dan khawatir dikucilkan kalau kena TBC, apakah komunikator perlu memotivasi orang itu agar lebih percaya diri?  Memotivasi jelas

Memaknai KPP ≠ KAP

Memaknai KPP ≠ KAP

Seorang rekan dari lembaga internasional menayangkan slide, KPP ≠ KAP. Persamaan yang agak membingungkan karena sarat interpretasi. KPP dengan KAP jelas

Kegiatan komunikasi yang dipandang cuma begitu saja

Kegiatan komunikasi yang dipandang cuma begitu saja

"Ternyata kunjungan rumah itu ada tekniknya. Selama ini to the point. Datang dan bertanya sesuai formulir. Makanya, jadi datar, kurang

Jangan sebut anakku stunting!

Jangan sebut anakku stunting!

Mungkin saking semangatnya, ada petugas yang menyampaikan hasil pengukuran apa adanya. “Nah, anak Ibu ini stunting.” Kebetulan faktanya z score

Edukasi pada kelompok yang menolak

Edukasi pada kelompok yang menolak

Bila warga tak suka imunisasi, apakah komunikator bisa datang ke kampung mengedukasi mereka, langsung bicara pentingnya imunisasi? Tanya alasan lalu

Cerita bukan perintah

Cerita bukan perintah

Pesan boleh sama tapi pilihan cara menyampaikan akan berbeda akibatnya. Sampaikan dengan cerita, bukan perintah. Apalagi bila yang ingin kita ajak

Masalah Perilaku dalam TBC: Perorangan & Sosial

Masalah Perilaku dalam TBC: Perorangan & Sosial

TBC adalah masalah besar bagi Indonesia. Besar juga kronis. Terbukti rangking Indonesia berkutat di 3 besar di antara negara-negara berdasarkan

Apresiatif itu pilihan

Apresiatif itu pilihan

Saat berinteraksi dengan warga, komunikator kesehatan bisa memilih bersikap apresiatif atau sebaliknya, menyayangkan kekurangan. Pilihan bebas.  Misalnya, saat pasien TB hanya

KAP Fasilitasi Bapak-Bapak

KAP Fasilitasi Bapak-Bapak

“Waktu datang ke mesjid, kami ditanya: ini acara apa? Kenapa bapak-bapak saja yang diundang? Bukannya kalau kesehatan itu urusan ibu-ibu?” Pertanyaan-pertanyaan

KLB sebagai momentum pembelajaran

KLB sebagai momentum pembelajaran

KLB (Kejadian Luar Biasa) adalah momen penting pembelajaran bagi manusia. Dengan catatan, bila memang dimanfaatkan untuk mengubah perilaku.  Contohnya bencana Tsunami

Komunikasi PMT Lokal seperti tester di mall

Komunikasi PMT Lokal seperti tester di mall

PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Lokal itu kan seperti tester. Yang dibagikan para penjual di toko makanan atau supermarket.  Buat awam, tester

Kontak Sosial vs. Kontak Penjualan

Kontak Sosial vs. Kontak Penjualan

Seorang senior sering mengulang-ulang omongan: mereka yang banyak kontak sosial, hidup lebih panjang dan sehat pula.  Dia berpijak pada riset Berkemen

Menyiapkan komunikator lapangan buat PMT Lokal

Menyiapkan komunikator lapangan buat PMT Lokal

“Kapan nih kita orientasi kader supaya PMT lokal sukses?” Demen mendengar promkes daerah yang satu ini. Mengetahui akan ada Pemberian

Dimensi yang hilang dalam pemahaman PTM

Dimensi yang hilang dalam pemahaman PTM

“Padahal kemarin masih ikut rapat. Kok mendadak sekali?”“Lho, tadi pagi saya baru ketemuan. Bahas rencana reuni. Sehat-sehat dia. Kok, bisa

Gembira anak diare

Gembira anak diare

Dalam statistik, diare termasuk salah satu pembunuh massal anak di Indonesia. Namun jangan salah, tidak semua orang memandang negatif diare

Tidak kalah oleh desakan

Tidak kalah oleh desakan

Desak mendesak itu biasa dalam pergaulan sehari-hari. Tapi kalau tidak cerdik-cerdik berkomunikasi, orang akan kemakan orang lain terus. Kalau yang

Kapan terakhir kali memeriksakan diri? Menunggu mogok lebih dulu?

Kapan terakhir kali memeriksakan diri? Menunggu mogok lebih dulu?

“Kapan terakhir kali menimbang badan?” tanya saya pada rekan sebelah. “Tadi pagi, dong!” jawabnya Rekan saya termasuk yang jarang. Rare. Bisa dibilang

Pertanyaan mempengaruhi emosi

Pertanyaan mempengaruhi emosi

Pertanyaan yang dilontarkan pada warga tak hanya menghasilkan informasi tapi juga emosi. Contohnya begini. Pada seorang remaja yang obesitas tenaga

Kegiatan Pendamping Buku KIA

Kegiatan Pendamping Buku KIA

“Kalau saja semua orang tua memahami isi buku KIA, bereslah semua masalah kesehatan kita,” ujar seorang ahli kesehatan. Dasarnya, buku

Numpang menumpang isu

Numpang menumpang isu

Lebih dari 2000 orang ditanya, apa 3 hal penting yang perlu dilakukan orang tua/ pengasuh agar anak tidak sakit? Tujuannya

Batasan Hubungan Keakraban

Batasan Hubungan Keakraban

Berlatih teknik KAP (Komunikasi AntarPribadi) bersama PKRS (Promotor Kesehatan Rumah Sakit) se-Kota Bandung (RS Melinda 2, 28 Feb 2024), muncul

TPT: Obat, vitamin atau bagaimana menjelaskannya?

TPT: Obat, vitamin atau bagaimana menjelaskannya?

Menjelaskan hal baru (dan penting) tidak semudah menulis di atas meja. Contohnya, TPT (Terapi Pencegahan TBC). Kata sebagian ahli, mereka

Praktik Teknik KAP Mendukung Kegiatan Lainnya

Praktik Teknik KAP Mendukung Kegiatan Lainnya

Lagi-lagi, sesi melatih teknik-teknik KAP menumpang pada pertemuan yang ada. Misalnya pelatihan KAP diselipkan dalam kegiatan pertemuan kader yang sudah

Edukator di kampung sendiri

Edukator di kampung sendiri

Orang yang belum pernah mengalami mungkin tidak tahu, jadi edukator di kampung sendiri itu acapkali lebih sulit ketimbang edukator di

Mencegah penolakan dini

Mencegah penolakan dini

Belum selesai menjelaskan. Mulut masih mangap, eh petugas imunisasi mendapat penolakan. Bahkan, ada yang kasar, seperti dialami seorang nakes.   “Kalau ibu

Bahasa tingkat dewa dalam komunikasi TBC

Bahasa tingkat dewa dalam komunikasi TBC

“Kira-kira, siapa ya kontak erat-nya pak Edi?” “Bu, ijin kami ingin melakukan IK?”   Mengamati kader-kader TBC sering mengucapkan kata-kata dewa pada praktik

Kader tua tonggak Posyandu

Kader tua tonggak Posyandu

"Bu Kadernya sudah tua, sih. Jadi, tidak update ilmu gizi. Harusnya kader-kader itu yang muda-muda saja."   Kurang lebih begitu sekilas laporan

Pemilihan kata yang menggiring drop out komunikasi (TBC)

Pemilihan kata yang menggiring drop out komunikasi (TBC)

Pilihan kata menghasilkan makna tertentu, mempengaruhi cara pandang, pola interaksi, norma, dan kemudian realitas tertentu. Contohnya yang dilakukan Belanda dulu.   Waktu

Budaya oral menghambat edukasi kesehatan?

Budaya oral menghambat edukasi kesehatan?

Dalam dua webinar berbeda terkait KAP (Poltekes Kemenkes Makassar & Stikes Banten) muncul satu pertanyaan sama: “Apakah budaya oral yang

Indikator keberhasilan kegiatan KAP

Indikator keberhasilan kegiatan KAP

Rekan akademisi atau pemegang program yang kebetulan tertarik dengan metode KAP biasanya suka bertanya, “Ada alat atau form untuk ukur

Model Komunikasi dan Agenda Global

Model Komunikasi dan Agenda Global

Model-model komunikasi perubahan perilaku sebetulnya mengikuti agenda global, yang di dalamnya berisi nilai dan kepentingan. Jadi, baiknya jangan naif melihat

Persuasi dengan berapa sisi?

Persuasi dengan berapa sisi?

Dalam mempersuasi orang lain komunikator menyampaikan argumen. Secara teoritis, pilihannya dua macam, yaitu model komunikasi satu sisi (one sided) dan

Posisi menentukan pola komunikasi

Posisi menentukan pola komunikasi

“Supaya santai, apa kursi-kursi kita atur _u-shape saja?” tanya panitia sesi edukasi.  Mendengar itu, rekan fasilitator merespon positif. “Nah itu, suasana

Kehabisan Pertanyaan

Kehabisan Pertanyaan

 “Saya bingung mau tanya apa lagi. Kehabisan pertanyaan,” ujar seorang nakes menceritakan satu pengalaman kunjungan rumah. Kemungkinan, kejadian kehabisan pertanyaan dialami

Momen komunikasi bukan hari ini hari itu tapi awal baru

Momen komunikasi bukan hari ini hari itu tapi awal baru

Dalam kerja komunikasi, waktu yang tepat perlu dicari. Pesan yang sama akan memiliki dampak berbeda saat disampaikan di waktu-waktu berbeda.  Contoh.

Pesan yang fokus

Pesan yang fokus

Kata para ahli, pesan yang hendak disampaikan mesti fokus. Jangan kebanyakan. Jangan kemana-mana. Angkat satu atau beberapa hal yang diduga

Bertanya basa-basi

Bertanya basa-basi

Bertanya tak selalu hasilkan komunikasi. Bertanya juga bisa merusak komunikasi. Salah satunya dengan bertanya basa-basi. Sebagian kita mungkin pernah didekati rekan

Bertanya untuk edukasi dan persuasi

Bertanya untuk edukasi dan persuasi

Bertanya itu bisa membuat orang takut tapi juga bisa membuat orang berani. Bisa membuat orang sedih, bisa membuat orang senang.

Edukasi kelompok untuk warga yang bersikap negatif

Edukasi kelompok untuk warga yang bersikap negatif

Salah satu tantangan terbesar edukator kesehatan adalah saat menghadapi kelompok masyarakat yang bersikap negatif terhadap topik komunikasi yang dibawakan.  Diundang, tidak

Masih ada peluang di tengah penolakan

Masih ada peluang di tengah penolakan

“Waktu diajak imunisasi, si ibu tiba-tiba protes, bicara agak keras, dan menyampaikan imunisasi itu haram, bertentangan dengan agama. Bagaimana ini?” Mendapati

Bila sakit hati gegara stunting

Bila sakit hati gegara stunting

“Ibu yang anaknya stunting tidak mau lagi ditemui. Bahkan, bantuan dia tolak.” Cerita-cerita semacam ini mulai terdengar. Setiap ditanya, ini bagaimana

Pentingnya Bersikap Apresiatif

Pentingnya Bersikap Apresiatif

Seorang edukator kesehatan sebaiknya memiliki sikap apresiatif. Meski minimalis, jangan sampai tidak bisa bersikap apresiatif. Jadi, jangan sampai edukator mengeluarkan

Stunting itu penting tapi ga genting

Stunting itu penting tapi ga genting

Banyak yang salah tangkap dengan judul di atas. Dipikir mengecilkan masalah. Padahal maksudnya bukan begitu.  Seperti umumnya masalah pembangunan, sebelum dipecahkan

Motivasi manfaat jangka panjang dan pendek

Motivasi manfaat jangka panjang dan pendek

Penggemar metode membangun kebiasaan (habituation) akan mengatakan motivasi penting buat memulai tapi tidak untuk mempertahankan perilaku. Motivasi itu kunci stater.

Latihan-Latihan Kontrol Emosi

Latihan-Latihan Kontrol Emosi

Kalau emosi kena, sulit menjalankan teknik-teknik komunikasi apapun. Meski hafal di luar kepala atau sudah berlatih di kelas, lidah mendadak

Pesan berantai untuk refleksi

Pesan berantai untuk refleksi

Saat sesi refleksi orang suka asyik sendiri dengan pengalaman dan analisisnya. Akibatnya, orang lupa mendengarkan pembelajaran dari orang-orang lain Padahal,

Teknik-teknik komunikasi ringkas untuk mengajak orang

Teknik-teknik komunikasi ringkas untuk mengajak orang

“Bagaimana mau mengedukasi, membangun hubungan dan lain-lain? Waktu kami terbatas. Kalau berlama-lama, nanti bisa diamuk pasien yang antri,” ujar seorang

Ikutnya ToT KAP Imuniasi, praktiknya tentang stunting?

Ikutnya ToT KAP Imuniasi, praktiknya tentang stunting?

Jumat ToT di Jember rampung (6/10/23), lusanya atau tepatnya minggu, beredar leaflet dua alumni  menjadi pelatih KAP di suatu keluruhan.

Pesan komunikasi: Tidak boleh menang sendiri

Pesan komunikasi: Tidak boleh menang sendiri

“Adik-adik, TTD ini penting supaya nanti anakmu tidak stunting. Supaya organ otaknya berkembang maksimal. Ingat, cegah stunting itu penting.” Seorang petugas

Pilih kader yang pintar ngomong?

Pilih kader yang pintar ngomong?

“Pilih kader yang pintar ngomong. Jangan yang pendiam. Nanti tak sampai pesan kita ke warga.” Sering saya mendengar rekomendasi semacam itu

Persuasi urusan TBC: Istilah-istilah sulit menyulitkan

Persuasi urusan TBC: Istilah-istilah sulit menyulitkan

“Sebagai kontak erat ibu perlu minum TPT ya.” “Nanti bapak akan diperiksa dahak sewaktu.” “Adik ini terduga TBC, jadi perlu tes.” “Karena di

Membalikkan Keadaan dengan Pertanyaan Pengecualian

Membalikkan Keadaan dengan Pertanyaan Pengecualian

Kamu jangan banyak ngomong, deh!  Ini acara cuma buang-buang waktu saja! Kamu baru lulus saja. Tahu apa kamu?!?   Di lapangan fasilitator mesti menghadapi

Marah-marah Ubah Perilaku Adiktif?

Marah-marah Ubah Perilaku Adiktif?

Seorang teman bercerita suaminya yang diabetes sudah diperingati keras, “Kalau terus minum itu coca cola, bisa rusak total ginjalmu! Lewat

Teknik Bertanya & Mendengarkan Kok Jadi Interogasi?

Teknik Bertanya & Mendengarkan Kok Jadi Interogasi?

Seorang rekan promkes bertanya, kenapa di lapangan aplikasi teknik bertanya dan mendengarkan terlihat seperti menginterogasi orang? Ibu hamil atau ibu

KAP Action-Oriented Training

KAP Action-Oriented Training

ToT atau Pelatihan untuk Pelatih KAP mengambil model Pelatihan Berorientasi Aksi. Yang dimaksud di sini adalah aksi komunikasi lapangan. Ini

Contoh Aplikasi TPB untuk Diagnosis Perilaku

Contoh Aplikasi TPB untuk Diagnosis Perilaku

Sampai awal 2000an, TPB atau Theory of Planned Behaviour adalah teori yang paling sering dipakai riset perilaku (Armitage & Conner,

Bukan percakapan yang mekanistik

Bukan percakapan yang mekanistik

Dalam sesi diskusi seorang bidan bertanya apakah 3 prinsip KAP mesti diterapkan berurutan. Kebetulan sebelumnya prinsip-prinsip itu dipaparkan berurutan, mulai

Teknik Sapu Jagad: Mendengarkan

Teknik Sapu Jagad: Mendengarkan

Bila tenaga kesehatan hanya boleh dibekali satu teknik komunikasi untuk terjun ke lapangan dalam rangka mengajak warga, maka teknik itu

Komunikasi adalah mendengarkan

Komunikasi adalah mendengarkan

Hario Megatsari Pengertian sederhana dari proses komunikasi adalah terjadinya pertukaran pesan, ide, gagasan dari komunikator kepada komunikan. Dari pengertian sederhana ini,

Pertanyaan untuk Pembahasan Lagu

Pertanyaan untuk Pembahasan Lagu

Salah satu penyaji dalam Forum Kemisan (7/9/2023) mengingatkan agar pemanfaatkan lagu dalam sesi edukasi jangan sampai melupakan langkah lanjutan, yaitu

Teknik minder yang bangun keakraban

Teknik minder yang bangun keakraban

Ada teknik-teknik komunikasi yang kelihatannya memperlihatkan keminderan tapi justru membangun hubungan lebih akrab. Ini berbeda dengan saran sebagian orang kalau

Pertanyaan untuk pembahasan lagu

Pertanyaan untuk pembahasan lagu

Salah satu penyaji dalam Forum Kemisan (7/9/2023) mengingatkan agar pemanfaatkan lagu dalam sesi edukasi jangan sampai melupakan langkah lanjutan, yaitu

Strategi komunikasi berhenti merokok: Belajar dari merokok

Strategi komunikasi berhenti merokok: Belajar dari merokok

Komunikasi berhenti merokok umumnya mengedepankan pesan bahaya merokok dan tips berhenti merokok. Di lain pihak, statistik mengatakan jumlah perokok bertambah.

Tugas Jendral Komunikasi

Tugas Jendral Komunikasi

Kebanyakan dari 25 kompetensi kader adalah menjelaskan atau melakukan edukasi. Seperti menjelaskan pencegahan anemia, anjuran Tablet Tambah Darah selama hamil,

Mengajak dengan bertanya-tanya

Mengajak dengan bertanya-tanya

Apakah edukator kesehatan bisa mengajak orang tanpa meminta, mengarahkan atau menyuruh? Ini dicoba dalam di latihan in class ToT KAP di

Model Edukasi Selipan

Model Edukasi Selipan

Di lapangan, edukasi model KAP lebih banyak mengambil format selipan atau menumpang. Tidak ada sesi pertemuan khusus yang lama, berjam-jam

Tanda-Tanda Kesehatan Pada Produk makanan: Ngaruh Ga Sih?

Tanda-Tanda Kesehatan Pada Produk makanan: Ngaruh Ga Sih?

Dalam sebuah pertemuan ada usulan makanan minuman kemasan (pabrikan) diberi tanda khusus untuk menunjukkan sehat atau tidaknya. Warna tertentu bagi

Tidak Mendiktekan Makna

Tidak Mendiktekan Makna

“Rekan-rekan, berikutnya kita akan mengikuti sesi ice breaking yang menyenangkan, yang akan membuat semua tertawa, bertambah akrab sehingga rekan-rekan dapat

Grubag Grubug Dalam Intervensi Perubahan Perilaku

Grubag Grubug Dalam Intervensi Perubahan Perilaku

Kata penulis ternama tentang kebiasaan efektif, kita ini mesti be effective with people, efficient with things. Sama orang itu efektif,

Agar Terlihat Pintar: Mintalah Nasihat Bukan Memberi Nasihat

Agar Terlihat Pintar: Mintalah Nasihat Bukan Memberi Nasihat

Para pemimpin lokal, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dikumpulkan. Lalu mengikuti presentasi demi presentasi. Mulai dengan statistik suatu masalah kesehatan

Pertanyaan-Pertanyaan Tidak Berguna

Pertanyaan-Pertanyaan Tidak Berguna

Di sesi awal ToT, partisipan sudah dikenalkan pada apa yang namanya pertanyaan-pertanyaan tidak berguna atau kata Marilyn Page, seorang professor

Teori Membentuk Kebiasaan

Teori Membentuk Kebiasaan

Katanya, memulai perilaku itu gampang. Mempertahankan yang susah.  Mulai jogging sih gampang tapi melakukan teratur selama bertahun-tahun, itu sulit. Menurut Prof

Pelatih Komunikasi dan Pelatih Bola Basket

Pelatih Komunikasi dan Pelatih Bola Basket

Dalam seminggu ini masuk 3 modul pelatihan komunikasi bagi petugas buat direview dan diberi masukan. Membaca cepat, semuanya buat geleng-geleng

Lagu untuk Belajar dan Ubah Sikap

Lagu untuk Belajar dan Ubah Sikap

Lagu adalah salah satu cara mengubah sikap orang lewat via emosi. Kata para ahli, namanya peripheral route. Bukan central route