Tips Komunikasi Perubahan Perilaku
TPT: Obat, vitamin atau bagaimana menjelaskannya?
Menjelaskan hal baru (dan penting) tidak semudah menulis di atas meja. Contohnya, TPT (Terapi Pencegahan TBC). Kata sebagian ahli, mereka
Praktik Teknik KAP Mendukung Kegiatan Lainnya
Lagi-lagi, sesi melatih teknik-teknik KAP menumpang pada pertemuan yang ada. Misalnya pelatihan KAP diselipkan dalam kegiatan pertemuan kader yang sudah
Kader tua tonggak Posyandu
"Bu Kadernya sudah tua, sih. Jadi, tidak update ilmu gizi. Harusnya kader-kader itu yang muda-muda saja." Kurang lebih begitu sekilas laporan
Budaya oral menghambat edukasi kesehatan?
Dalam dua webinar berbeda terkait KAP (Poltekes Kemenkes Makassar & Stikes Banten) muncul satu pertanyaan sama: “Apakah budaya oral yang
Edukator di kampung sendiri
Orang yang belum pernah mengalami mungkin tidak tahu, jadi edukator di kampung sendiri itu acapkali lebih sulit ketimbang edukator di
Bahasa tingkat dewa dalam komunikasi TBC
“Kira-kira, siapa ya kontak erat-nya pak Edi?” “Bu, ijin kami ingin melakukan IK?” Mengamati kader-kader TBC sering mengucapkan kata-kata dewa pada praktik
Mencegah penolakan dini
Belum selesai menjelaskan. Mulut masih mangap, eh petugas imunisasi mendapat penolakan. Bahkan, ada yang kasar, seperti dialami seorang nakes. “Kalau ibu
Pemilihan kata yang menggiring drop out komunikasi (TBC)
Pilihan kata menghasilkan makna tertentu, mempengaruhi cara pandang, pola interaksi, norma, dan kemudian realitas tertentu. Contohnya yang dilakukan Belanda dulu. Waktu
Indikator keberhasilan kegiatan KAP
Rekan akademisi atau pemegang program yang kebetulan tertarik dengan metode KAP biasanya suka bertanya, “Ada alat atau form untuk ukur
Model Komunikasi dan Agenda Global
Model-model komunikasi perubahan perilaku sebetulnya mengikuti agenda global, yang di dalamnya berisi nilai dan kepentingan. Jadi, baiknya jangan naif melihat
Persuasi dengan berapa sisi?
Dalam mempersuasi orang lain komunikator menyampaikan argumen. Secara teoritis, pilihannya dua macam, yaitu model komunikasi satu sisi (one sided) dan
Posisi menentukan pola komunikasi
“Supaya santai, apa kursi-kursi kita atur _u-shape saja?” tanya panitia sesi edukasi. Mendengar itu, rekan fasilitator merespon positif. “Nah itu, suasana
Kehabisan Pertanyaan
“Saya bingung mau tanya apa lagi. Kehabisan pertanyaan,” ujar seorang nakes menceritakan satu pengalaman kunjungan rumah. Kemungkinan, kejadian kehabisan pertanyaan dialami
Momen komunikasi bukan hari ini hari itu tapi awal baru
Dalam kerja komunikasi, waktu yang tepat perlu dicari. Pesan yang sama akan memiliki dampak berbeda saat disampaikan di waktu-waktu berbeda. Contoh.
Pesan yang fokus
Kata para ahli, pesan yang hendak disampaikan mesti fokus. Jangan kebanyakan. Jangan kemana-mana. Angkat satu atau beberapa hal yang diduga
Bertanya basa-basi
Bertanya tak selalu hasilkan komunikasi. Bertanya juga bisa merusak komunikasi. Salah satunya dengan bertanya basa-basi. Sebagian kita mungkin pernah didekati rekan
Bertanya untuk edukasi dan persuasi
Bertanya itu bisa membuat orang takut tapi juga bisa membuat orang berani. Bisa membuat orang sedih, bisa membuat orang senang.
Edukasi kelompok untuk warga yang bersikap negatif
Salah satu tantangan terbesar edukator kesehatan adalah saat menghadapi kelompok masyarakat yang bersikap negatif terhadap topik komunikasi yang dibawakan. Diundang, tidak
Masih ada peluang di tengah penolakan
“Waktu diajak imunisasi, si ibu tiba-tiba protes, bicara agak keras, dan menyampaikan imunisasi itu haram, bertentangan dengan agama. Bagaimana ini?” Mendapati
Bila sakit hati gegara stunting
“Ibu yang anaknya stunting tidak mau lagi ditemui. Bahkan, bantuan dia tolak.” Cerita-cerita semacam ini mulai terdengar. Setiap ditanya, ini bagaimana
Pentingnya Bersikap Apresiatif
Seorang edukator kesehatan sebaiknya memiliki sikap apresiatif. Meski minimalis, jangan sampai tidak bisa bersikap apresiatif. Jadi, jangan sampai edukator mengeluarkan
Stunting itu penting tapi ga genting
Banyak yang salah tangkap dengan judul di atas. Dipikir mengecilkan masalah. Padahal maksudnya bukan begitu. Seperti umumnya masalah pembangunan, sebelum dipecahkan
Motivasi manfaat jangka panjang dan pendek
Penggemar metode membangun kebiasaan (habituation) akan mengatakan motivasi penting buat memulai tapi tidak untuk mempertahankan perilaku. Motivasi itu kunci stater.
Latihan-Latihan Kontrol Emosi
Kalau emosi kena, sulit menjalankan teknik-teknik komunikasi apapun. Meski hafal di luar kepala atau sudah berlatih di kelas, lidah mendadak
Pesan berantai untuk refleksi
Saat sesi refleksi orang suka asyik sendiri dengan pengalaman dan analisisnya. Akibatnya, orang lupa mendengarkan pembelajaran dari orang-orang lain Padahal,
Teknik-teknik komunikasi ringkas untuk mengajak orang
“Bagaimana mau mengedukasi, membangun hubungan dan lain-lain? Waktu kami terbatas. Kalau berlama-lama, nanti bisa diamuk pasien yang antri,” ujar seorang
Ikutnya ToT KAP Imuniasi, praktiknya tentang stunting?
Jumat ToT di Jember rampung (6/10/23), lusanya atau tepatnya minggu, beredar leaflet dua alumni menjadi pelatih KAP di suatu keluruhan.
Pesan komunikasi: Tidak boleh menang sendiri
“Adik-adik, TTD ini penting supaya nanti anakmu tidak stunting. Supaya organ otaknya berkembang maksimal. Ingat, cegah stunting itu penting.” Seorang petugas
Pilih kader yang pintar ngomong?
“Pilih kader yang pintar ngomong. Jangan yang pendiam. Nanti tak sampai pesan kita ke warga.” Sering saya mendengar rekomendasi semacam itu
Persuasi urusan TBC: Istilah-istilah sulit menyulitkan
“Sebagai kontak erat ibu perlu minum TPT ya.” “Nanti bapak akan diperiksa dahak sewaktu.” “Adik ini terduga TBC, jadi perlu tes.” “Karena di
Membalikkan Keadaan dengan Pertanyaan Pengecualian
Kamu jangan banyak ngomong, deh! Ini acara cuma buang-buang waktu saja! Kamu baru lulus saja. Tahu apa kamu?!? Di lapangan fasilitator mesti menghadapi
Marah-marah Ubah Perilaku Adiktif?
Seorang teman bercerita suaminya yang diabetes sudah diperingati keras, “Kalau terus minum itu coca cola, bisa rusak total ginjalmu! Lewat
Teknik Bertanya & Mendengarkan Kok Jadi Interogasi?
Seorang rekan promkes bertanya, kenapa di lapangan aplikasi teknik bertanya dan mendengarkan terlihat seperti menginterogasi orang? Ibu hamil atau ibu
KAP Action-Oriented Training
ToT atau Pelatihan untuk Pelatih KAP mengambil model Pelatihan Berorientasi Aksi. Yang dimaksud di sini adalah aksi komunikasi lapangan. Ini
Contoh Aplikasi TPB untuk Diagnosis Perilaku
Sampai awal 2000an, TPB atau Theory of Planned Behaviour adalah teori yang paling sering dipakai riset perilaku (Armitage & Conner,
Bukan percakapan yang mekanistik
Dalam sesi diskusi seorang bidan bertanya apakah 3 prinsip KAP mesti diterapkan berurutan. Kebetulan sebelumnya prinsip-prinsip itu dipaparkan berurutan, mulai
Teknik Sapu Jagad: Mendengarkan
Bila tenaga kesehatan hanya boleh dibekali satu teknik komunikasi untuk terjun ke lapangan dalam rangka mengajak warga, maka teknik itu
Komunikasi adalah mendengarkan
Hario Megatsari Pengertian sederhana dari proses komunikasi adalah terjadinya pertukaran pesan, ide, gagasan dari komunikator kepada komunikan. Dari pengertian sederhana ini,
Pertanyaan untuk Pembahasan Lagu
Salah satu penyaji dalam Forum Kemisan (7/9/2023) mengingatkan agar pemanfaatkan lagu dalam sesi edukasi jangan sampai melupakan langkah lanjutan, yaitu
Teknik minder yang bangun keakraban
Ada teknik-teknik komunikasi yang kelihatannya memperlihatkan keminderan tapi justru membangun hubungan lebih akrab. Ini berbeda dengan saran sebagian orang kalau
Pertanyaan untuk pembahasan lagu
Salah satu penyaji dalam Forum Kemisan (7/9/2023) mengingatkan agar pemanfaatkan lagu dalam sesi edukasi jangan sampai melupakan langkah lanjutan, yaitu
Strategi komunikasi berhenti merokok: Belajar dari merokok
Komunikasi berhenti merokok umumnya mengedepankan pesan bahaya merokok dan tips berhenti merokok. Di lain pihak, statistik mengatakan jumlah perokok bertambah.
Tugas Jendral Komunikasi
Kebanyakan dari 25 kompetensi kader adalah menjelaskan atau melakukan edukasi. Seperti menjelaskan pencegahan anemia, anjuran Tablet Tambah Darah selama hamil,
Mengajak dengan bertanya-tanya
Apakah edukator kesehatan bisa mengajak orang tanpa meminta, mengarahkan atau menyuruh? Ini dicoba dalam di latihan in class ToT KAP di
Model Edukasi Selipan
Di lapangan, edukasi model KAP lebih banyak mengambil format selipan atau menumpang. Tidak ada sesi pertemuan khusus yang lama, berjam-jam
Tanda-Tanda Kesehatan Pada Produk makanan: Ngaruh Ga Sih?
Dalam sebuah pertemuan ada usulan makanan minuman kemasan (pabrikan) diberi tanda khusus untuk menunjukkan sehat atau tidaknya. Warna tertentu bagi
Tidak Mendiktekan Makna
“Rekan-rekan, berikutnya kita akan mengikuti sesi ice breaking yang menyenangkan, yang akan membuat semua tertawa, bertambah akrab sehingga rekan-rekan dapat
Grubag Grubug Dalam Intervensi Perubahan Perilaku
Kata penulis ternama tentang kebiasaan efektif, kita ini mesti be effective with people, efficient with things. Sama orang itu efektif,
Agar Terlihat Pintar: Mintalah Nasihat Bukan Memberi Nasihat
Para pemimpin lokal, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dikumpulkan. Lalu mengikuti presentasi demi presentasi. Mulai dengan statistik suatu masalah kesehatan
Pertanyaan-Pertanyaan Tidak Berguna
Di sesi awal ToT, partisipan sudah dikenalkan pada apa yang namanya pertanyaan-pertanyaan tidak berguna atau kata Marilyn Page, seorang professor
Teori Membentuk Kebiasaan
Katanya, memulai perilaku itu gampang. Mempertahankan yang susah. Mulai jogging sih gampang tapi melakukan teratur selama bertahun-tahun, itu sulit. Menurut Prof
Pelatih Komunikasi dan Pelatih Bola Basket
Dalam seminggu ini masuk 3 modul pelatihan komunikasi bagi petugas buat direview dan diberi masukan. Membaca cepat, semuanya buat geleng-geleng
Lagu untuk Belajar dan Ubah Sikap
Lagu adalah salah satu cara mengubah sikap orang lewat via emosi. Kata para ahli, namanya peripheral route. Bukan central route