Program Inovasi Edukasi Kesehatan

Grubag Grubug Dalam Intervensi Perubahan Perilaku


 
Grubag Grubug Dalam Intervensi Perubahan Perilaku

Kata penulis ternama tentang kebiasaan efektif, kita ini mesti be effective with people, efficient with things. Sama orang itu efektif, sama barang atau benda itu efisien. Jangan kebalikan: sama orang efisien, sama barang efektif.

Sama orang yang penting adalah efektif. Jangan grubag-grubug. Untuk sampai ke hasil mesti memadai waktunya. Orang itu tidak seperti robot. Kalau disuruh A, langsung melakukan A. Orang perlu memahami dulu. Untuk memahami orang mesti mendengarkan. Agar mau mendengarkan kita, orang mesti percaya sama kita. Untuk membangun kepercayaan, mesti akrab atau minimal saling kenal dulu.

Atau kalau kita sudah punya hubungan yang akrab, prosesnya bisa lebih cepat. Orang tidak perlu menimbang-nimbang lama, karena percaya, dia mau ikuti ajakan kita.

Juga bila ada hubungan struktural (bukan atasan - bawahan). Waktunya bisa dipotong. Tapi tetap tidak bisa asal nyuruh. Sama anak buah tetap perlu ada mutual understanding dulu. 

Kalau tidak ada hubungan struktural, semisal nakes dengan warga, maka otomatis waktu yang diperlukan lebih lama.

Kebalikannya saat berurusan dengan benda, mesti efisien. Srat sret saja. Jangan bertele-tele. Meski urusannya adalah uang yang besar, efisien saja. Semakin lama, semakin mencurigakan.

Dalam program kesehatan acapkali yang terjadi adalah kebalikannya. Pada saat ngurusin benda, investasi waktunya cukup lama. Pada waktu berurusan sama orang, berlangsung cepat-cepat saja. 

Untuk menyiapkan benda, persiapan lama. Dirapatkan berkali-kali. Diatur detail. Ada planning, ada micro planning. Ada monitoring ketat. Pelaporan dll. Tetapi, agar orang mau memanfaatkan benda  itu (urusan sama orang), investasi waktunya sebentar saja. 

Agar anak-anak mau dikasih obat kecacingan, edukasinya secepat kilat. Beberapa menit dijelaskan di depan kelas lalu langsung dibagi obatnya. 

Imunisasi ganda. Orang tua datang ke Puskesmas untuk imunisasi anak, langsung ditawari imunisasi ganda. 

Ibu hamil di layanan KIA, langsung disodori TTD. “Minum ya bu, sehari satu saja.”

Cepat alias efisien tapi hasilnya ya seperti yang kita lihat. 

WTC, 24 Agustus 2023 - RR