Program Inovasi Edukasi Kesehatan

Tidak kalah oleh desakan


 
Tidak kalah oleh desakan

Desak mendesak itu biasa dalam pergaulan sehari-hari. Tapi kalau tidak cerdik-cerdik berkomunikasi, orang akan kemakan orang lain terus. Kalau yang bagus, tentu tidak apa-apa. Bagus malah. Tapi jadi soal, kalau kemakan yang buruk.

Contohnya, seorang remaja tengah kumpul dengan teman-temannya didesak mencoba rokok. Kalau desakannya kuat dan tidak bisa “melawan secara komunikasi”, bisa-bisa kalah dia dan akhirnya nyerah. Dicobalah rokok. Sekali. Lalu dua kali. Kemudian berkali-kali. Beberapa minggu kemudian jadilah dia perokok aktif.

Karena itu, orang mesti bisa “melawan” desakan tanpa menghancurkan hubungan alias hubungan tetap akrab. Bagaimana caranya?

Prinsip dasarnya adalah jangan kesentil atau terpicu emosi. Alias jangan baper. Karena kalau sudah baper, suasana jadi ga enak. Lagi pula, kalau baper, otak tidak bisa berpikir untuk cari-cari alasan atau omongan yang menetralisir.

Supaya tidak baper, pandang orang tidak memiliki niat buruk. Mungkin bisa memandang orang berniat baik atau kalaupun yang didesak itu hal yang buruk, anggap saja dia tidak tahu.

Agar tidak menyerah, kita bisa gunakan 1) Teknik Kaset Rusak digabung dengan 2) Teknik Setuju tapi Tidak Menyerah, dan 3) Humor.

Teknik kaset rusak intinya mengulang pesan penolakan sama persis. Tinggal kalimat pelengkapnya yang diubah-ubah mengikuti percakapan. Sementara, Teknik Setuju tapi Tidak Menyerah adalah pernyataan yang menyetujui pendapat orang lain tapi tetap tidak berubah pendirian.

“Dod, coba deh sehisap saja.” 
“Ogah ah. Udah pernah, sakit dada gua.”

“Sehisap aja. Masak takut sih.”
“Kalian aja deh. Kalau gua udah pernah, sakit dada gua.” 

“Cemen,_ luh._ Laki-laki mah kudu ngerokok dong.”
“Iya dah, paham. Laki-laki emang kebanyakan merokok. Kakak pertama gua juga merokok. Tapi gua ogah ah. Udah pernah, sakit dada gua.”

“Lu coba rokok murah kali? Ini lain. Mahal nih.”
“Eh, yang gua coba rokok merek * Gua coba sekali. Trus, uhuk-uhuk-uhuk (buat gerakan-gerakan lucu). Mau mati tahu! Udah pernah deh pokoknya, sakit dada gua.”

(Teman-temannya tertawa)

Teknik Kaset Rusak pada dasarnya berguna agar orang bisa tetap dengan pendiriannya meski didesak dari kanan kiri atas bawah. Ulangi saja pesan yang sama supaya orang tahu pendirian kita. Tapi jangan mau menang sendiri agar orang lain tidak bete. Makanya, pakai Teknik Setuju tapi Tidak Menyerah. Terakhir, kalau perlu, buat jadi lucu agar hubungan tetap asyik.

Condet, 22 Maret 2024 - RR