
Permainan Pembelajaran

Forum KAP kadangkala mendapat pertanyaan: permainan apa ya yang cocok untuk topik ini atau itu?
Pertanyaan ini berkenaan dengan permainan pembelajaran (lesson games).
Perlu diingat bahwa dalam KAP, permainan pembelajaran digunakan untuk 1) mengantar, 2) memuat/ membawa semua, 3) memuat/ membawa sebagian, 4) menyimpulkan atau 5) membantu mengingat konten pembelajaran. Jadi, permainan tidak plek ketiplek = konten pembelajaran.
Nah, permainan yang bisa digunakan sebetulnya bisa memanfaatkan permainan-permainan dasar yang sudah ada (Jadi, permainan yang ada itu bukan ditujukan bagi topik tertentu). Untuk itu, kita terlebih dahulu mesti menyusun alur percakapan (termasuk pesan kunci) dan kemudian mengubah kerangka permainan agar sesuai.
Contoh.
Topik : Pencegahan DBD dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di siswa-siswi SD
*Permainan: Adu Tepuk Nyari Nyamuk *
Pesan kunci: Kita nyari nyamuk yang suka bikin demam yang menipu dan berakibat fatal
Pertanyaan awal: Mau kita nyari nyamuk, adik-adik? Untuk apa nyari-nyari nyamuk?
Alur pesan pasca permainan: Kenapa kita mesti nyari nyamuk? Nyamuk, terutama Aedes Aegypti bisa membawa virus dengue yang membuat demam berdarah, bukan demam biasa. Demam seperti flu (dibacanya: plu), sih, biasa, tidak menipu. Tapi demam berdarah banyak menipu. Tiba-tiba demam tinggi, sakit kepala, linu-linu. Tahu-tahu, setelah 3 hari, turun. Dikira sudah sembuh. Pergi ke kantor atau pergi ke sekolah. Eh, ternyata masuk masa kritis. Gara-gara tidak bedrest dan cukup cairan tubuh kritis. Pembuluh darah bocor, tidak bisa dibekukan karena trombosit sedikit, badan shock, dan kalau tidak ditolong cepat, lewatlah.
Dengan rancangan pesan yang sama, kita juga bisa pakai permainan lain, misalnya:
Permainan: Tiga pihak yang saling mengalahkan Anak, Nyamuk, Jumantik
Untuk rincian dan lebih jelasnya, kayanya kita perlu susun buku panduannya, mungkin ya? Trus, kita bahas ramai-ramai?
Jogja, 20 Juli 2025 – RR (Forum KAP/ VA)