Ditjen Kesmas Sukses Gelar Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting 2023


Ditjen Kesmas Sukses Gelar Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting 2023

Indonesia berkomitmen untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% di tahun 2024. Upaya ini tentu bukan hal yang dapat dicapai dengan bekerja sendiri, namun membutuhkan kerja sama, komitmen dan kolaborasi dari seluruh lintas sektor dan pemangku kepentingan terkait mulai dari tingkat Pusat sampai Daerah.

Dengan pernyataan dan urgensi yang telah disebutkan diatas, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat menginisiasi kegiatan Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023 pada hari Jumat, tanggal 03 Februari 2023.

Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut, turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan, Lintas Sektor Kementerian dan lembaga, pakar dan akademisi, mitra pembangunan dan organisasi profesi, hingga kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota.

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting tersebut dibuka dengan sambutan yang dilakukan oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Menteri Budi menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah gencar melakukan intervensi untuk melakukan pencegahan stunting yang dimulai sedini mungkin. Hal ini dilakukan karena proses penanganan apabila anak telah mengalami stunting, akan sangat sulit untuk dilakukan penyembuhan.

Acara dilanjutkan dengan kedua pemateri yang akan memandu jalannya kegiatan Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting tersebut, diantaranya adalah:

  1. Syarifah Liza Munira, SE., MPP., Ph.D selaku Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan yang memaparkan Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023

  2. dr. Maria Endang Sumiwi, MPH selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat yang memaparkan materi terkait Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, turut mengundang pula 3 narasumber lainnya yang berasal dari perwakilan Kota Semarang, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang yang akan membagikan Best Practice terkait upaya yang dilakukan oleh daerah dalam percepatan penurunan stunting.

Dengan terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting tersebut, diharapkan upaya percepatan penurunan stunting di indonesia dapat dilakukan secara serentak dan bersama-sama dalam metode yang bervariatif dan kolaborasi yang hebat. Sehingga dengan demikian, tercapainya penurunan stunting sebanyak 14% pada tahun 2024 dapat terwujud.

 

Berikut link materi dari kegiatan Sosialisasi Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting 2023

Video kegiatan = https://promkes.kemkes.go.id/detail_video/sosialisasi-kebijakan-intervensi-percepatanpenurunan-stunting-tahun-2023 

Virtual background = https://promkes.kemkes.go.id/virtual-background-sosialisasi-kebijakan-intervensi-percepatan-penurunana-stunting-2023 

Link Materi = https://promkes.kemkes.go.id/kumpulan-media-sosialisasi-kebijakan-intervensi-percepatan-penurunan-stunting 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait