Kabar Gembira, Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun akan Dimulai Besok


Kabar Gembira, Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun akan Dimulai  Besok

Vaksinasi sebagai sebuah instrumen dalam menghadapi pandemi Covid-19, merupakan langkah yang telah diambil dan berjalan di Indonesia sejak awal tahun 2021. Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh seluruh masyarakat indonesia, diharapkan selain bisa membentuk kekebalan kelompok (herd Immunity) di tengah masyarakat, juga dapat lebih meminimalisir angka kematian dan angka rawat inap akibat paparan Covid-19.

Melihat urgensi dari pemerataan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia, maka mulai Selasa 14 Desember 2021, vaksin Covid-19 sudah mulai bisa diberikan kepada anak-anak yang berada di rentang umur 6 – 11 Tahun. Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS  dalam keterangannya menyampaikan bahwa kebijakan terkait pemberian Vaksin Covid-19 kepada anak yang berada di usia 6 – 11 tahun sudah mengacu kepada arahan Presiden Joko Widodo terkait percepatan capaian Vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan pelaksanaan vaksinasi anak berusia 6 – 11 tahun. Hal ini mengingat jumlah anak Indonesia yang berada pada rentang umur tersebut berkisar 26,5 juta jiwa. Dengan angka tersebut, proses vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%

Dengan keterangan diatas, diharapkan para orang tua bisa menemani anaknya untuk melakukan vaksinasi di puskesmas, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, baik pemerintah maupun swasta termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, serta sentra vaksinasi. Dengan demikian, diharapkan herd immunity yang lebih kuat terbentuk di tengah masyarakat, dan penyebaran pada klaster keluarga dapat diminimalisir. Tentunya, masyarakat juga dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk pencegahan Covid-19.



Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

 

Sumber :

1.    https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211212/1938972/vaksinasi-covid-19-untuk-anak-usia-6-11-tahun-dimulai-14-desember/

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait