Pasca Gempa, Kemenkes Dorong Pembangunan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Cianjur


Pasca Gempa, Kemenkes Dorong Pembangunan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Cianjur

Pasca terjadinya gempa di Cianjur pada November tahun 2022 yang lalu, menyebabkan banyak bangunan termasuk fasilitas kesehatan yang berdampak hingga tidak dapat beroperasi dengan sedia kala. Melihat kondisi tersebut, tepat pada 17 februari 2023 Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan melakukan kunjungan untuk meninjau langsung kondisi bangunan fasyankes yang terdampak.

Pada kunjungannya, Wamenkes meninjau secara langsung beberapa fasyankes yang ada di Kabupaten Cianjur, diantaranya adalah Puskesmas Cugenang dan RSUD Sayang. Dalam keterangannya, wamenkes menyatakan bahwa pemerintah akan mendorong percepatan pembangunan kembali fasilitas pelayanan kesehatan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Saat ini diketahui, bahwa beberapa fasilitas kesehatan yang belum bisa beroperasi seperti sedia kala akibat terdampak gempa bumi, tengah melakukan perawatan dan pelayanan kesehatan lainnya di dalam tenda-tenda darurat dan dua bilik kayu sementara.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Wamenkes juga berinteraksi kepada masyarakat yang sedang melakukan perawatan. Pada dialog tersebut, dapat diketahui bahwa sebagian besar pasien berharap pembangunan fasilitas kesehatan dapat segera selesai, agar bisa kembali digunakan seperti sedia kala, dan proses pelayanan kesehatan bisa lebih nyaman.

Dengan demikian, diharapkan upaya percepatan pembangunan fasilitas kesehatan terdampak gempa bumi di kabupaten Cianjur dapat segera terpenuhi, sehingga proses pelayanan kesehatan yang baik dan nyaman, bisa kembali dirasakan oleh masyarakat.

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait