Vaksinasi Dosis Lengkap Mengurangi Risiko Terburuk Covid-19


Vaksinasi Dosis Lengkap Mengurangi Risiko Terburuk Covid-19

Terciptanya masyarakat yang sehat dan bebas dari paparan Covid-19 merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan secara bersama antar setiap elemen masyarakat. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan disiplin dalam menerapkan berbagai instrumen pencegahan Covid-19 seperti menerapkan protokol kesehatan 5M dan mengikuti program vaksinasi.

Pada penerapannya, vaksinasi memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan Herd Immunity atau kekebalan secara berkelompok dan meminimalisir berbagai risiko seperti kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh Covid-19. Hal ini terbukti dari hasil penelitian dari data sampel rumah sakit rujukan Covid-19, RSPI Sulianti Saroso, dimana hasil menunjukkan bahwa terhadap pasien COVID-19 yang dirawat di ICU menunjukkan bahwa vaksinasi sangat penting untuk mengurangi resiko fatal infeksi Covid-19.

Hasil penelitian diatas juga mendapatkan dukungan dari dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, dimana vaksinasi terbukti mengurangi resiko terburuk dari [a[aran Covid-19, terutama pada lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid.

Dengan adanya hasil demikian diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat untuk mulai menyadari pentingnya mengikuti vaksinasi Covid-19 ditengah akademi seperti saat ini.

Segera lakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan melalui fitur telemedicine jika mengalami gejala Covid-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait