Kenali Alat Pelindung Diri Saat Berhaji


Kenali Alat Pelindung Diri Saat Berhaji

Haji adalah salah satu ibadah yang banyak dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Rangkaian ibadah haji dapat dikatakan adalah ibadah yang sangat mengandalkan fisik yang prima. Pada saat memasuki musim panas suhu di Arab Saudi bisa mencapai diatas 40 derajat Celsius sementara di Indonesia suhu paling panas dikisaran 33-35 derajat celsius. Sedangkan kelembaban di Indonesia berada di atas 60 persen. Sementara di Arab Saudi kelembabannya di bawah 50 persen. Hal ini mengakibatkan jamaah haji tidak berkeringat meski panas menyengat. Padahal, keluarnya keringat merupakan mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan panas, dengan membuat permukaan kulit menjadi lebih dingin.

Dikarenakan adanya perbedaan cuaca dan perjalanan yang jauh, maka berbagai persiapan dan perlengkapan tidak boleh diabaikan dalam pelaksanaan ibadah haji. Perlengkapan haji seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat penting untuk dibawa karena dapat meminimalisir berbagai paparan penyakit menular dan penyakit yang diakibatkan perbedaan cuaca yang signifikan agar ibadah haji dapat berjalan dengan lancar dan para jemaah haji dapat terjaga kesehatannya.

Alat Pelindung Diri (APD) Bagi Jemaah Haji

Dalam prosesi pelaksanaan ibadah haji, Alat Pelindung Diri bagi jemaah haji yang perlu untuk dipersiapkan oleh jamaah haji antara lain”

  1. Payung untuk meminimalisir paparan sinar matahari

  2. Kacamata

  3. Masker Medis

  4. Semprotan air isi air mineral

  5. Tas paspor yang berisi Kalung Kartu Kesehatan Jamaah Haji (KKJH), makanan kecil seperti Kurma serta obat-obatan pribadi

  6. Alas kaki dengan tali belakang agar tidak mudah lepas saat melakukan ibadah haji

  7. Tas kresek untuk menyimpan peralatan seperti sandal dan pelembab

  8. Membawa oralit

  9. menggunakan pelembab atau lotion

Melengkapi APD untuk jemaah haji merupakan hal yang bijak dan harus dilakukan untuk melindungi kesehatan para jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Tetap jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi serta mencukupi kebutuhan istirahat serta tidak memaksakan untuk melakukan aktivitas diluar kegiatan ibadah haji.

Segera hubungi tenaga kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama berada di Tanah Suci Mekkah agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat dari petugas kesehatan.

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait