Langkah Sederhana Menghadapi KIPI


Langkah Sederhana Menghadapi KIPI

Tercapainya masyarakat yang sehat dengan herd immunity yang terbentuk secara sempurna, merupakan hal yang dicita-citakan pemerintah bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah terus mengupayakan berbagai kebijakan dan program yang dapat membantu terciptanya hal tersebut, salah satunya dengan menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19.

Namun, kebijakan dan program tersebut bukan tanpa hambatan. Bagi beberapa masyarakat dengan kondisi tertentu, penyuntikkan vaksin akan menimbulkan beberapa efek samping bersifat sementara yang disebut KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Dengan demikian, beberapa masyarakat ada yang masih ragu untuk melakukan vaksinasi, sehingga berpengaruh kepada capaian vaksinasi serta terbentuknya herd immunity di tengah masyarakat. 

Padahal, KIPI sendiri merupakan hal yang cukup wajar. Terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk meringankan KIPI yang sedang dirasakan atau dialami, diantaranya adalah :

  1. Segera beristirahat setelah divaksinasi

  2. Apabila muncul demam, minum obat penurun panas sesuai dosis dan cukup minum air putih

  3. Jika ada nyeri di tempat suntikan, tetap gerakkan tangan dan kompres dengan air dingin

  4. Bila demam tidak kunjung turun dalam 48 jam setelah vaksinasi, segera isolasi mandiri dan lakukan tes Covid-19

  5. Jika keluhan tidak berkurang, hubungi kontak petugas yang tertera pada kartu vaksinasi atau fasilitas kesehatan terdekat

Dengan melakukan beberapa hal diatas, diharapkan dapat menurunkan keraguan untuk bersegera melakukan vaksinasi. Vaksin Covid-19 yang digunakan telah terbukti aman dan bermanfaat, dengan mendapat EUA dari Badan POM. Segera lakukan vaksinasi dan mari berpartisipasi dalam terciptanya kekebalan secara kelompok di tengah masyarakat.

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

Sumber :

1.       https://covid19.go.id/artikel/2022/01/27/atasi-kipi-begini-caranya

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait