Mengapa Aktivitas Fisik Sangat Penting untuk Kesehatan Jantung


Mengapa Aktivitas Fisik Sangat Penting untuk Kesehatan Jantung

Setiap kali Anda berolahraga, Anda memperkuat satu otot yang benar-benar tidak dapat ditawar untuk hidup yang sehat – yaitu jantung Anda.

Faktanya adalah, menurut Laporan Kepala Badan Urusan Kesehatan Masyarakat A.S. tentang Aktivitas Fisik dan Kesehatan, orang-orang yang tidak menjalani gaya hidup aktif memiliki resiko menderita penyakit jantung hampir dua kali lebih tinggi daripada orang-orang yang bergaya hidup aktif. Fakta tersebut menunjukkan betapa pentingnya olahraga untuk mencegah penyakit jantung.

Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik dengan intensitas menengah setiap minggu, atau 75 menit aktivitas aerobik dengan intensitas tinggi setiap minggu, atau kombinasi dari keduanya, agar mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan dari olahraga. Berita baiknya adalah Anda dapat mengakumulasikan jumlah menit-menit tersebut sepanjang minggu.

Bagaimana Aktivitas Fisik Teratur Menjaga Kesehatan Jantung Kita?

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa Anda harus melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan jantung secara lebih baik:

  1. Olahraga menurunkan tekanan darah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, olahraga aerobik adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Olahraga tersebut terdiri dari gerakan-gerakan repetitif dan mengikuti ritme dan menggunakan kelompok otot besar, seperti otot kaki, bahu, dan lengan. Contohnya adalah berenang, berjalan, joging, dan menari.

  1. Olahraga meningkatkan oksigenasi.

Olahraga memperkuat otot-otot, sehingga meningkatkan kemampuan otot untuk menarik oksigen dari aliran darah. Dengan cara ini, jantung bekerja secara lebih efisien untuk memompa darah ke otot.

  1. Olahraga menjaga berat badan sehat.

Melalui olahraga, Anda membakar kalori. Olahraga aerobik menciptakan defisit energi, sedangkan olahraga ketahanan meningkatkan massa otot tanpa lemak (lean muscle). Hal ini, ditambah dengan diet seimbang, akan membantu Anda menjaga berat badan sehat dan tingkat kolesterol yang optimal.

  1. Olahraga menurunkan stres.

Ketegangan yang terus-menerus yang diakibatkan stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Olahraga dapat memperbaiki suasana hati dan kepercayaan diri, yang akan sangat membantu dalam mengelola stres.

  1. Olahraga meningkatkan kolesterol HDL

High-density lipoproteins (HDL), atau dikenal juga sebagai kolesterol “baik”, membersihkan arteri dari kolesterol berlebih. HDL membawa kelebihan kolesterol itu ke hati untuk menjalani proses metabolisasi. Hal tersebut mengurangi resiko atherosclerosis dan penyakit jantung.

Sebuah studi yang baru-baru ini dilaksanakan oleh para peneliti dari Jepang menemukan bahwa berolahraga setidaknya tiga sampai empat kali seminggu atau setidaknya 20 menit meningkatkan kadar HDL.

Memulai Jalan Anda Menuju Jantung Yang Sehat

Ketika Anda mengambil langkah-langkah yang ada di bawah kendali Anda, seperti berolahraga dan makan dengan benar, Anda akan merasakan manfaatnya dengan cukup cepat. Faktanya adalah, setelah Anda fokus pada program latihan kardio selama beberapa minggu, olahraga akan menjadi lebih mudah, dan Anda tidak akan mudah terengah-engah dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengalokasikan sekitar 150 menit per minggu untuk aktivitas aerobik dengan intensitas menengah. Dengan kalimat lain, Anda hanya perlu 30 menit jalan cepat atau olahraga ringan setiap hari kerja untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang baik bagi jantung Anda. Aktivitas-aktivitas penguatan otot yang melibatkan kelompok otot besar juga direkomendasikan untuk dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Jadi, pilihlah hobi yang akan membawa manfaat baik untuk jantung Anda dan kesehatan Anda. Hal tersebut bisa berupa jalan kaki, lari, bersepeda, menari, berenang, dan apapun yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. Semua itu dapat membawa dampak positif bagi kesehatan, kebugaran, dan kebahagiaan Anda untuk sekarang dan di masa yang akan datang.

======================================================================

Samantha Clayton OLY, ISSA-CPT – Wakil Presiden, Performa Olahraga dan Edukasi Kebugaran (Sumber: https://iamherbalifenutrition.com/fitness/exercise-healthy-heart/  )

Samantha Clayton OLY, ISSA-CPT – Wakil Presiden, Performa Olahraga dan Edukasi Kebugaran Samantha Clayton adalah Wakil Presiden Performa Olahraga dan Edukasi di Herbalife Nutrition. Beliau juga adalah Kepala Dewan Penasehat Kebugaran. Beliau mewakili Inggris dalam Olimpiade Sydney tahun 2000 di cabang olahraga lari estafet 200m dan 4x100m. Beliau adalah personal trainer tersertifikasi dengan spesialisasi di olahraga berkelompok, program kebugaran anak muda, kebugaran lansia dan athletic conditioning. Beliau memiliki gelar diploma dalam ilmu farmasi dan Beliau mempelajari kimia di University of Wolverhampton. Kemudian, Beliau mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dari American Public University dan Magister Nutrisi Medis dari Arizona State University. Sebagai ibu dari empat anak, Beliau suka menyoraki anak-anaknya pada acara-acara olahraga.

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait