Menjadi Caregiver yang Peduli Kebersihan Lansia


Menjadi Caregiver yang Peduli Kebersihan Lansia

Halo Healthies tahukah kamu bahwa disetiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)? Peringatan ini terinspirasi dari peristiwa di tanggal 29 Mei 1945 ketika Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat memimpin sidang Badan Persiapan untuk Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Meskipun dalam kondisi usia yang sudah lanjut, beliau mencetuskan gagasan bahwa diperlukan adanya filosofis Negara Indonesia.

Peringatan HLUN kali ini mengusung tema Lansia Terawat Indonesia Bermartabat. Kenapa tema ini diusung pada HLUN tahun ini? Data Susenas Maret 2022 menunjukkan bahwa 10,48 persen penduduk adalah lansia, dengan nilai rasio ketergantungan sebesar 16,09. Apa artinya? Ini dapat diartikan setiap satu orang lansia didukung oleh sekitar 6 orang penduduk usia produktif (umur 15-59 tahun). 

 

Baca juga Tips Sehat Bugar Bagi Lansia

Kondisi kesehatan lansia

Mayoritas Lansia Indonesia saat ini tinggal bersama keluarga. Secara alamiah Lansia yang sudah mencapai usia 60 tahun atau lebih mengalami berbagai penurunan fungsi tubuh. Data Global Burden of Disease menunjukkan beban kesehatan terbesar kelompok umur lansia adalah penyakit kardiovaskular, kelainan muskuloskeletal yaitu kelainan sistem yang meliputi otot, tulang, sendi dan struktur jaingan penunjang sekitar sendi serta penyakit organ indera. 

Oleh karena itu dengan segala keterbatasan yang disebabkan adanya penurunan pada kondisi fisiknya Lansia sangat membutuhkan bantuan orang lain atau caregiver.

 

Baca juga Tips Mencegah Obesitas Bagi Lansia

Kebersihan diri lansia

Apakah kamu memiliki anggota keluarga yang sudah Lansia? Nah secara langsung keluarga berperan sebagai caregiver bagi Lansia di rumah. Sebagai keluarga salah satu yang harus banget kamu ketahui dan perhatikan dalam merawat lansia adalah kebersihan diri mereka. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu kebersihan diri lansia di rumahmu:

  1. Merawat kulit dengan membersihkan muka, telinga, leher, lekukan tubuh, dan sela-sela jari menggunakan washlap terpisah

  2. Membersihkan rambut dengan air hangat dan shampoo bayi

  3. Membersihkan mata dan telinga dengan menyeka dari dalam ke luar menggunakan handuk kecil yang telah dibasahi air hangat suam-suam kuku

  4. Memotong kuku didahului dengan merendam kaki dan tangan menggunakan air hangat

Itulah tips untuk menjaga kebersihan lansia. Selain itu sebagai keluarga, jangan lupa untuk membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah membantu Lansia.

Yuk healthies, pastikan kita tahu cara membantu Lansia dalam menjaga kebersihan diri agar kesehatan Lansia tetap terjaga!

 

Oleh : Bonardo Prayogo Hasiholan

Penyunting : R. Danu Ramadityo

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait