Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas

 

Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas


Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas

Hi Healthies, Bapak Ibu, Kakek Nenek, Mas Mbak, Adik Kaka, mari berpartisipasi dalam Survei Persepsi Masyarakat dalam Pelayanan Puskesmas. Survei ini bertujuan untuk mengetahui pendapat masyarakat terkait pelayanan Puskesmas, oleh karena itu kami mohon kesediaan Healthies, Bapak Ibu, Kakek Nenek, Mas Mbak, Adik Kaka untuk memberikan jawaban dan masukan sejujur mungkin. 

Bagaimana Caranya?



Sangat mudah. Healthies, Bapak Ibu, Kakek Nenek, Mas Mbak, Adik Kaka cukup mengisi kuesioner di WA Chat Bot Ayo Sehat. Silakan klik link http://bit.ly/SurveiPuskesmas2023WA , kirim tulisan "survei" di chat WA Anda dan ikuti alur kuesionernya. Pulsa atau saldo dompet digital sebesar 50.000 rupiah sudah disiapkan untuk 500 responden yang beruntung.

Mengapa Survei ini Ada?

Survei ini hadir dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat sebagai pihak utama dan pertama yang mengakses pelayanan Puskesmas, yang memiliki peran yang penting dalam mendukung transformasi layanan primer, khususnya Puskesmas. Transformasi layanan primer merupakan salah satu pilar transformasi yang menekankan pada pentingnya upaya promotif preventif yang dapat menjangkau seluruh masyarakat hingga di tingkat desa dan dusun. Transformasi pelayanan kesehatan primer merupakan pendekatan kesehatan yang melibatkan masyarakat serta berpusat pada pemenuhan kebutuhan individu, keluarga, dan komunitas dengan pendekatan siklus hidup, termasuk dalam ketahanan resiliensi atau kemampuan individu dalam mengatasi pandemi. 

Persepsi Masyarakat terkait dengan pelayanan Puskesmas akan membentuk penilaian masyarakat yang pada akhirnya mendorong enggan tidaknya Masyarakat mengakses pelayanan di Puskesmas. Salah satu yang mempengaruhi persepsi masyarakat adalah pelayanan Puskesmas yang sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, untuk mendukung percepatan transformasi khususnya transformasi layanan primer, serta guna mendapatkan persepsi Masyarakat dalam pelayanan di puskesmas, Kementerian Kesehatan dan Litbang Kompas akan melaksanakan Survei Indeks Persepsi Masyarakat dalam Pelayanan Puskesmas yang akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota (514 Kab/Kota). 

Apa Tujuan Pelaksanaan Survei ini?

Indeks Persepsi Masyarakat merupakan hasil Survei Persepsi Masyarakat terkait Pelayanan Puskesmas. Tujuan survei adalah untuk  meningkatkan dukungan semua pihak terhadap layanan primer khususnya puskesmas. Survei Persepsi Pelayanan Puskesmas juga bertujuan untuk mengetahui apakah layanan puskesmas sudah memenuhi harapan masyarakat. Survei akan dilakukan secara online, dan dianalisa persepsi masyarakat dengan membandingkan variabel aspek kepentingan dan kepuasan masyarakat. Hasil survei akan menggambarkan rapor kabupaten/kota berupa analisis antar kabupaten/kota dalam satu provinsi dan  nasional dalam dimensi kepentingan dan kepuasan. Hasil survei juga akan ditindaklanjuti dengan adanya pembinaan, pendampingan dan peningkatan kapasitas berupa Pelatihan Komunikasi Pelayanan Prima di Puskesmas. Oleh karena itu, partisipasi Healthies, Bapak Ibu, Kakek Nenek, Mas Mbak, Adik Kaka sangat penting dalam survei ini, maka kami tunggu partisipasinya dalam mengisi survei ya.

 

Kalender

Artikel Terkait


Data Artikel terkait Tidak Tersedia