Tingkatkan Kualitas Tidur Bumil dengan Cara Ini


Tingkatkan Kualitas Tidur Bumil dengan Cara Ini

Ayah dan Bunda yang cerdas pasti mengetahui pentingnya tidur. Saat kita terlelap, tubuh menjalankan fungsinya untuk meremajakan fungsi-fungsi organ dan indera yang telah bekerja tanpa henti seharian. Tidur yang berkualitas biasanya menghilangkan lelah, melegakan pikiran, dan membuat tubuh terasa segar.

 

Saking pentingnya tidur, WHO menganjurkan agar orang dewasa muda (18-25 tahun) dan dewasa (26-64 tahun) untuk tidur paling tidak sebanyak 7 jam, tapi tidak boleh lebih dari 11 jam. Sayangnya, dengan kondisi ibu hamil, kuota tidur belum tentu bisa terpenuhi semudah itu. 

 

Banyak para bunda dan calon bunda yang mengeluh bahwa mencoba tidur sebagai bumil rasanya sulit sekali, apalagi menginjak trimester kedua dan ketiga. Nah, kali ini kami sajikan sedikit informasi tentang cara tidur terbaik bagi bumil agar bisa beristirahat cukup. 



Tips Tidur Nyaman untuk Bumil

 

Melansir dari American Pregnancy Asociation, 78% dari ibu hamil mengalami gangguan tidur. Mulai dari frekuensi buang air malam hari yang meningkat, kecemasan, sakit punggung, bahkan dada berdebar-debar adalah keluhan yang lazim di antara para bunda dan calon bunda. 

 

Untungnya, dengan beberapa cara yang tepat, Bunda bisa mendapatkan kembali tidur berkualitas. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:

 

1. Temukan Posisi Tidur yang Paling Nyaman

 

Seiring janin yang mulai membesar, tubuh mulai diminta menyesuaikan. Nah, gaya tidur yang paling disarankan untuk bunda adalah tidur menyamping dan menekuk lutut serta kaki. 

 

Hindari tidur telentang ketika menginjak trimester kedua dan ketiga, karena bisa menekan punggung dan menumpukan semua beban tubuh ke bagian panggul. Hasilnya, bunda jadi rentan terkena wasir, pegal linu, dan sakit punggung.

 

2. Bantal Tambahan

 

Saat ini, sudah ada bantal khusus ibu hamil yang bisa Bunda dan Ayah dapatkan di pasaran. Bentuknya menyesuaikan dengan tubuh ibu hamil dan nyaman untuk digunakan. 

 

Namun, Anda juga bisa menggunakan bantal biasa untuk menopang bagian perut dan antara kedua kaki saat tidur. Bantal ini bisa memberikan kenyamanan ekstra selama tidur.

 

3. Mandi Air Hangat 

 

Terbukti bisa melegakan otot dan memberikan perasaan rileks, mandi air panas sebelum tidur bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang susah terlelap pada malam hari. Lengkapi ritual mandi Bunda dengan menggunakan sabun dengan aroma pilihan yang dijamin akan meningkatkan suasana hati.

 

4. Minum Susu Hangat 

 

Ada kadar asam amino tryptophan dalam susu yang berperan meningkatkan serotonin dalam tubuh. Sehingga, minum susu hangat pada jam-jam tidur bisa membantu Anda agar lekas mengantuk dan tidur dengan mudah.

 

5. Luangkan Waktu untuk Tidur Siang 

 

Jika kebutuhan tidur malam dirasa tak cukup, Bunda bisa "menambal" kekurangan jam tidur di siang hari. Luangkan 1-2 jam untuk lelap, pinta Ayah untuk mengondisikan suasana dengan menyingkirkan perangkat elektronik yang mendistraksi jika mungkin. Namun, jangan tidur siang lebih dari 2 jam supaya tidak mengganggu durasi tidur malam Anda nanti. 

 

Jadi, Ayah dan Bunda, tetaplah semangat dan temukan ritme tidur yang paling pas agar ibu hamil tentram, bayi pun senang.



SUMBER:

 

https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/tiredness/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6932848/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9268456/




Panduan Gizi Seimbang oleh UNICEF dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

 

Hyperlink: 

Keyword: 

tidur, istirahat, aktivitas ibu hamil, posisi tidur

 

 

Apa Kata Ahlinya
dr. Purwanti Suryarahardja
dr. Purwanti Suryarahardja
Ketua Rumah Sakit PadaMaya Jakarta Selatan

Testing

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait