Vaksinasi Tahap Ketiga Telah Dimulai bagi Masyarakat Rentan


Vaksinasi Tahap Ketiga Telah Dimulai bagi Masyarakat Rentan

Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan program vaksinasi Covid-19. Prioritas utama pemerintah dalam menjalankan Vaksinasi Covid-19 adalah memperluas dan mempercepat cakupan sasarannya.

Berdasarkan laporan terbaru hingga hari Selasa 18 Mei 2021, Indonesia telah melakukan penyuntikan 23,1 juta dosis bagi sasaran vaksinasi tahap satu dan kedua. Kali ini, pemerintah sudah mulai melakukan Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kedatangan dan ketersediaan vaksin. Hal inilah yang menjadikan Pemerintah Indonesia melakukan penentuan kelompok prioritas penerima vaksin sejak Januari 2021.

“Kita ketahui alasan kenapa kita memberikan vaksinasi secara bertahap dan menyusun prioritas ini, karena selain mempertimbangkan rekomendasi WHO, juga melihat situasi dan kondisi negara kita,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan.

Vaksinasi Covid-19 kini sudah memasuki tahap ketiga bagi masyarakat umum, dimana yang pertama kali mendapatkan adalah masyarakat rentan. Kelompok masyarakat rentan yang dimaksud terkait aspek geospasial, yaitu masyarakat yang tinggal di daerah dengan risiko penyebaran Covid-19 tinggi atau zona merah.

dr. Nadia juga mengatakan, selain masyarakat yang tinggal di daerah dengan risiko penyebaran yang tinggi, kriteria kelompok masyarakat rentan juga mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi dan kelompok minoritas/ marginal di Ibukota.

“Termasuk penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa. Inilah masyarakat yang paling rentan yang kita dahulukan,” sambungnya.

Vaksinasi tahap tiga yang sudah mulai dijalankan di Provinsi DKI Jakarta merupakan bagian dari percepatan vaksinasi nasional untuk melindungi masyarakat yang rentan. Vaksinasi tahap ketiga dimulai di DKI Jakarta karena kasus Covid-19 cenderung meningkat dan masyarakat dengan status sosial ekonomi yang beragam.

Selain itu, Provinsi DKI Jakarta juga sudah memiliki pilot project pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, yang kemudian akan dilaksanakan secara nasional.

Selama seluruh masyarakat belum divaksinasi, risiko penularan masih tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah terus menggaungkan pesan kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan meski sudah divaksinasi, sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210519/1937794/vaksinasi-tahap-tiga-dimulai-untuk-berikan-perlindungan-bagi-masyarakat-rentan/

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait