3 Cara Mudah Hidup Sehat untuk Cegah Diabetes


3 Cara Mudah Hidup Sehat untuk Cegah Diabetes

Apakah Soba & Sosa pernah mendengar kata "diabetes”? Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Menurut data International Diabetes Federation, sebanyak 10.7 juta orang Indonesia memiliki penyakit diabetes pada tahun 2019 dan diprediksi akan meningkat hingga 16.6 juta pada tahun 2045. Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia setelah stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, Soba & Sosa harus mulai mencegah penyakit diabetes sejak sekarang. Bagaimana caranya? Yuk baca artikel ini.

 

Apa yang dimaksud dengan “diabetes”?

Menurut Kementerian Kesehatan, diabetes adalah penyakit menahun yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Terdapat dua jenis diabetes: diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah, sehingga gula darah menjadi sangat tinggi. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis ketika masih anak-anak dan tidak berkaitan dengan gaya hidup.

Sebagian besar kasus diabetes di Indonesia merupakan kasus diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, misalnya pola konsumsi tinggi gula dan lemak, kurang aktivitas fisik, kegemukan, dan merokok.  

 

Apakah diabetes berbahaya?

Banyak mitos yang beredar bahwa diabetes bukan merupakan masalah besar. Faktanya, diabetes dapat mengakibatkan komplikasi serius dan menyebabkan kematian dini.

Diabetes memperbesar kemungkinan 2 kali lebih besar terkena serangan jantung

Diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi kaki bagian bawah, dan menurunkan kualitas hidup.

 

Bagaimana cara mencegah diabetes?

Setelah membaca dampak serius akibat diabetes, Soba & Sosa mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mencegah diabetes (tipe 2)?

 

1. Tingkatkan konsumsi sayur dan buah

Sebuah penelitian besar di Eropa baru-baru ini menemukan bahwa setiap penambahan konsumsi sayur dan buah sebanyak 66 gram, dapat menurunkan risiko diabetes sebanyak 25%. Selain kandungan serat yang tinggi, kandungan vitamin serta antioksidan dalam sayur dan buah juga dapat membantu penurunan risiko diabetes. Oleh karena itu, Soba & Sosa jangan lupa untuk selalu mengisi setengah isi piringmu dengan sayur dan buah setiap kali makan.

 

2. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL)

Banyak makanan dan minuman kekinian yang memiliki kandungan gula, garam, dan lemak melebihi anjuran Kementerian Kesehatan. Batasan konsumsi GGL menurut Kementerian Kesehatan dalam satu hari adalah sebagai berikut:

1. 4 sendok makan gula (50 gram)

2. 1 sendok teh garam (5 gram)

3. 5 sendok makan lemak (67 gram)

Kunci paling mudah dalam membatasi GGL adalah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman kemasan yang tinggi gula (minuman kemasan, soda) dan tinggi lemak (gorengan, makanan beku). Selain itu, coba lebih perhatikan makanan camilanmu, Soba & Sosa. Yuk, ganti camilanmu dengan sayur dan buah yang sudah pasti rendah GGL! 

 

3. Melakukan aktivitas fisik

Apa olah raga favorit Soba & Sosa? Selain menyenangkan, olah raga juga memiliki banyak manfaat. Ternyata, aktif melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari, atau 150 menit per minggu, memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat hormon pengatur gula darah (insulin) menjadi lebih sensitif, sehingga mencegah diabetes. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga berat badan ideal

2. Membuat perasaan lebih bahagia

3. Kualitas tidur lebih baik

4. Membantu mengatur tekanan darah

 

Sekarang Soba & Sosa sudah tahu cara untuk mencegah diabetes, kan? Yuk saatnya mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Untuk melihat tips hidup sehat lainnya, jangan lupa follow instagram @KerenDimakan!

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait