6 Buah Unik yang Perlu Ditambahkan ke Daftar Makan Anda


6 Buah Unik yang Perlu Ditambahkan ke Daftar Makan Anda

Anda biasanya tahu cita rasa apa yang diharapkan ketika Anda mencicipi stroberi, persik, dan jeruk nipis. Namun, bagaimana dengan buah-buahan yang terlihat aneh dan unik dengan nama yang terdengar lucu? Anda perlu mencobanya untuk memperluas apresiasi Anda terhadap karunia alam dengan melihat kembali buah-buahan tersebut dan merasakan kelezatan yang ditawarkan oleh buah-buahan unik eksotis ini.

Sebagian besar buah secara alamiah memiliki kandungan rendah lemak, sodium, kalori, dan tidak mengandung kolesterol. Buah mengandung adalah sumber nutrisi penting seperti potasium, serat, vitamin C, dan folat. Hal terbaik dari semuanya adalah, mengonsumsi makanan sumber nabati seperti sayur dan buah, dapat mengurangi risiko resiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Oleh sebab itu, inilah beberapa ide yang dapat membantu Anda menjelajahi bagian buah-buahan di toko buah favorit Anda:

Leci

Buah ini seukuran kenari, dengan banyak ujung runcing yang sangat kecil di kulit yang kasar, jadi Anda sebaiknya jangan memakan kulit buah tersebut. Buah leci yang matang akan berubah warna dari merah muda ke merah. Tentunya, Anda dapat membeli buah leci yang dijual dalam kaleng, tapi kenapa Anda tidak mencoba leci segar yang dibudidayakan di Amerika Tengah dan Selatan, Asia, dan bahkan di Amerika Serikat, di California, Hawaii, dan Florida? Untuk menikmati rasa unik buah ini, cukup kupas atau gigit sedikit dekat tangkainya dan remas.

Di samping vitamin C, leci juga mengandung vitamin B kompleks, dan potasium mineral serta tembaga.

 

Buah Naga

Buah ini berasal dari tanaman kaktus panjat dan asli Amerika Tengah dan Selatan serta Meksiko. Seperti halnya leci, buah ini dibudidayakan di California, Hawaii, dan Florida. Dengan tiga spesies utama, buah ini juga dinamakan buah Pitaya atau Pitahaya dan berbentuk oval dengan kulit luar berwarna merah muda dan daun hijau. Daging buah ini mengandung banyak biji hitam kecil, dan daging buah yang seperti spons tersebut memiliki rasa yang mengingatkan kita pada semangka, kiwi, dan persik. Sebagian besar orang memakan buah ini mentah dan dingin, tetapi buah tersebut juga dapat dipanggang.

Buah naga bernutrisi tinggi dan mengandung vitamin C, potasium, magnesium, fosfor, dan likopen.

 

Belimbing

Buah asam-manis yang cantik ini juga dikenal sebagai karambola, dan dapat menjadi bintang dari pilihan buah-buahan Anda. Ketika buah ini matang, akan berbentuk bujur dengan lima rusuk yang sangat terlihat seperti bintang laut. Idealnya buah ini memiliki warna kuning cerah. Buah ini dapat memiliki rasa manis atau asam, atau keduanya, dengan sedikit rasa lemon, nanas, apel, dan buah prem. Belimbing tumbuh di Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Florida.

Ya, Anda dapat memakan keseluruhan buah, jadi silakan memotong-motongnya untuk dinikmati. Beberapa orang merebusnya, membuatnya menjadi selai, atau bahkan sorbet serbat. Belimbing mengandung banyak flavonoid yang memiliki antioksidan kuat, vitamin B kompleks, serta vitamin C yang kita semua butuhkan.

 

Kumquat

Kumquat berbentuk kecil dan terlihat seperti jeruk muda. Terdapat hingga enam varietas kumquat yang tumbuh di dunia, yaitu di Jepang, India, Filipina dan Asia Tenggara, serta di California, Hawaii, dan di tenggara Amerika Serikat, khususnya Florida.

Kumquat merupakan kombinasi lezat dari rasa yang tajam, namun manis, dan jika Anda tidak mau mengupasnya, jangan khawatir, Anda tetap dapat memakan kulitnya, sehingga Anda akan menambah konsumsi serat tinggi yang dikandung kumquat. Hanya saja, janganlah memakan bijinya. Kulitnya harum, hal tersebut karena kumquat mengandung minyak esensial jeruk atau citrus.

Selain vitamin B yang cukup banyak dan vitamin C yang banyak sekali, kumquat juga mengandung sedikit kalsium.

 

Feijoa

Apabila Anda dapat mengucapkan nama buah ini, Anda sudah setengah jalan untuk dapat menikmati rasa luar biasa dari buah hijau, berbentuk oval, dan juga dijuluki ‘jambu nanas’ ini. Buah ini tumbuh di Amerika Selatan dan Selandia Baru, dan siap untuk dinikmati ketika sudah jatuh dari pohon. Saat memilih di toko, tekanlah buah tersebut secara perlahan, dan apabila permukaan buah tidak terlalu keras, maka buah tersebut sudah siap untuk dimakan. Feijoa tidak dapat bertahan lama, sehingga setelah disimpan dalam lemari es selama dua hari, nikmatilah buah tersebut dengan pertama-tama memotongnya menjadi dua, dan kemudian keruklah daging buah yang lezat itu dengan sendok.

Seperti halnya buah-buah lainnya dalam tulisan ini, feijoa mengandung vitamin C, vitamin B, dan kandungan yang bermanfaat dari kalsium, magnesium, dan fosfor.

 

Durian

A picture containing fruit, durian, produce, natural foods

“Saya tantang Anda untuk makan durian”. Tantangan yang sering disampaikan karena buah khas Asia Tenggara ini memiliki bau seperti kaus kaki yang sudah terlalu sering digunakan, bahan bakar, atau sesuatu yang serupa lainnya. Walaupun buah ini tidak mudah dikonsumsi, karena kulitnya yang berduri banyak yang membuatnya tidak nyaman untuk dipegang saat dikupas, beberapa hal baik mengenai buah ini dapat membuatnya alasan tepat untuk Anda mencobanya.

Buah ini memiliki lima bagian yang mengandung daging halus berwarna kuning atau merah dan mengandung beberapa biji. Orang-orang yang pernah memakan buah ini mengatakan bahwa daging buahnya terasa seperti karamel, keju, atau bahkan crème brûlée, dan Anda bahkan juga dapat merebus atau memanggang bijinya. Di Asia Tenggara, buah ini merupakan pencuci mulut yang populer. Durian mengandung banyak vitamin C, vitamin B kompleks, potasium, dan kandungan tinggi triptofan, salah satu asam amino.

Oleh karenanya, silakan terus nikmati apel, jeruk, dan pisang, tetapi ketika Anda sedang ingin berpetualang, carilah buah-buahan unik di atas untuk variasi menu makan yang baru dan sehat. Ingatlah bahwa keberagaman itu penting dalam melaksanakan pola makan sehat yang konsisten.

"Sebagian besar buah secara alamiah memiliki kandungan rendah lemak, sodium, kalori, dan tidak mengandung kolesterol. Buah adalah sumber nutrisi penting seperti potasium, serat, vitamin C, dan folat"
Apa Kata Ahlinya
Susan Bowerman M.S., R.D., CSSD, CSOWM, FAND
Susan Bowerman M.S., R.D., CSSD, CSOWM, FAND

Susan Bowerman adalah Senior Director of Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife. Beliau juga bertindak sebagai Chairwoman Dietetic Advisory Board (DAB) di Herbalife. Sebagai Registered Dietitian (RD), Beliau memberi pelatihan kepada para Member Herbalife mengenai filosofi nutrisi global Herbalife dan Beliau juga bertanggung jawab untuk mengembangkan materi edukasi dan pelatihan nutrisi. Beliau memiliki gelar B.S. dalam Biologi dengan penghargaan Distinction dari University of Colorado dan gelar M.S. dalam Ilmu Pangan dan Nutrisi dari Colorado State University. Beliau adalah fellow dari Academy of Nutrition and Dietetics and Beliau juga memiliki dua sertifikasi dewan sebagai Board Certified Specialist in Sports Dietetics dan Board Certified Specialist in Obesity and Weight Management. Ketika Beliau sedang tidak sibuk mengajar dan menulis, Beliau menghabiskan waktunya dengan keluarga, memasak, dan berkebun.

Tautan Referensi

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait