Donor Darah 5.200 Kantong akan Diselenggarakan Menyemarakkan HKN-57


Donor Darah 5.200 Kantong akan Diselenggarakan Menyemarakkan HKN-57

Selama masa pandemi Covid-19, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang membatasi kedatangan ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sebagai upaya meminimalisir kemungkinan terpapar Covid-19 atau infeksi nosokomial lainnya. Hal ini tentunya dikarenakan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain dianggap menjadi lokasi yang sangat rawan untuk menularkan Covid-19 atau penyakit lainnya.

Kondisi demikian tentu juga memiliki efek terhadap ketersediaan stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI). Padahal, terjaganya stok darah untuk keperluan kesehatan yang disimpan oleh PMI memiliki peran yang cukup penting dalam proses penanganan berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, melihat kondisi pandemi yang mulai sedikit membaik, serta bertepatan pada perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan Hari Lions Indonesia ke-52, Kementerian Kesehatan mengajak seluruh masyarakat untuk jadi pahlawan bagi sesama dengan menyumbangkan darah bagi mereka yang membutuhkan dalam kegiatan Donor Darah 5.200 kantong yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 13 – 14 November 2021 bertempat di Lantai 3 Blok F TM Thamrin City.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar, seperti mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik dan/atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan telah menerima Vaksinasi Covid-19 dua dosis lengkap. Dengan diselenggarakan kegiatan tersebut, diharapkan kembali mampu menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat untuk terus bisa mendonorkan darahnya secara rutin, serta dapat mengajak masyarakat lainnya melakukan hal yang sama.

 

Kontributor:

Marsha Anindita, S.Ds

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait