Kegiatan Sosialisasi PERMENPAN-RB Nomor 70 tahun 2021


Kegiatan Sosialisasi PERMENPAN-RB Nomor 70 tahun 2021

Tepat pada hari Jumat, 4 Maret 2022, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PERMENPAN-RB) Nomor 70 Tahun 2021 tentang Jabatan Fungsional Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (Jabfung TPKIP) yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui youtube Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat untuk daerah regional 1.

Dalam pelaksanaannya, Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit, Tim Penilai Jabfung Penyuluh Kesehatan Masyarakat di Provinsi dan Kabupaten/Kota, PPPKMI pengurus daerah dan pengurus cabang serta para pemangku jabfung Penyuluh Kesehatan Masyarakat (sekarang, jabfung Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku) dari tingkat pusat sampai daerah. Terdapat sekitar lebih dari 3.000 peserta yang tergabung melalui zoom meeting dan youtube live acara tersebut.

Sebagai pembukaan, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, menyatakan bahwa acara sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan kepada seluruh pejabat fungsional Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku setelah diundangkannya PERMENPAN-RB Nomor 70 Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021, menggantikan SK MENPAN Nomor 58/Kep/M.PAN/8/2000 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat. 

Dengan adanya pembaruan regulasi tersebut, diperlukan adanya beberapa penyesuaian dalam menerapkan peraturan yang telah menjadi ketetapan. Untuk itu, pada acara sosialisasi tersebut, turut hadir beberapa narasumber diantaranya adalah

  1. Bpk Marsuli, S.Sos, M.Kes selaku perwakilan dari Unit Pembina Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kementerian Kesehatan

  2.  Ibu Dr. Dra. Rita Damayanti, Msph selaku Ketua Umum PPPKMI Pusat, dan

  3. Sdri. Arintha Valentysha Putri, S.M selaku Perwakilan Kementerian PAN-RB

Dengan diselenggarakannya sosialisasi dan diskusi terkait PERMENPAN-RB Nomor 70 Tahun 2021 ini, diharapkan para pemangku kepentingan mulai dapat memanfaatkan (mengimplementasikan) regulasi ini sebagai acuan (pedoman) khususnya terkait kebijakan jabfung Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku beserta kegiatan pokok sesuai dengan jenjangnya. Dengan demikian, proses penerapan regulasi baru yang menjadi pedoman tersebut dapat dijalankan dengan lebih baik dan lancar. 

 

Link Kegiatan: https://www.youtube.com/watch?v=q2cPezrKWpA 

Link Materi Sosialisasi Permenpan 70 Tahun 2021 Regional 1: https://bit.ly/SosPermenpan70_Regional1 

 

Kontributor:

Ira Octaviana, SKM, MKM

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Editor:

Astasari, S.Sos, MKM

Marsha Anindita, S.Ds

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait