Langkah Sehat Menggunakan Masker Dua Lapis


Langkah Sehat Menggunakan Masker Dua Lapis

Covid-19 dengan varian delta, merupakan salah satu varian dengan tingkat penularan yang cukup tinggi. Sehingga demikian, proses penerapan protokol kesehatan dengan baik dan benar, merupakan hal yang perlu untuk terus dijaga dan diperhatikan oleh masyarakat ketika berkegiatan didalam maupun diluar rumah.

Penggunaan masker merupakan kunci dari terhalangnya pintu masuk virus kedalam tubuh kita, sehingga menggunakan masker dengan kondisi yang bersih dan melakukan melalui tahap penggunaan yang tepat, adalah kunci perlindungan maksimal dari Covid-19.

Melihat kondisi penyebaran yang cukup cepat pada varian delta tersebut, menyebabkan adanya pembaharuan perilaku dan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, salah satunya dengan menggunakan masker dua lapis. Penggunaan masker dua lapis adalah salah satu upaya preventif yang dicanangkan oleh pemerintah agar meminimalisir penyebaran kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam menggunakan masker dua lapis agar tidak mengganggu pernafasan namun tetap memberikan efek yang maksimal :

  1. Menggunakan masker bedah pada lapisan dalam (pertama)

  2. Pastikan masker bedah memiliki kawat tipis, sehingga dapat menutupi area atas pada hidung

  3. Lapisi masker bedah dengan masker kain yang memiliki 3 lapis kain sebagai lapisan luar (kedua)

  4. Gunakan masker kain yang memiliki ukuran pas dengan wajah

  5. Pastikan tidak ada udara yang keluar pada setiap sisi masker

  6. Apabila terdapat udara yang keluar, segera atur ulang posisi masker

  7. Pastikan dapat bernafas dengan nyaman dan tidak merasakan pusing

  8. Cuci tangan baik sebelum atau sesudah menggunakan masker

  9. Ganti masker setiap 4 jam sekali

  10. Buang masker kain yang telah selesai digunakan, sedangkan untuk masker kain, dapat digunakan kembali setelah dicuci dengan bersih

Dengan menerapkan dengan baik beberapa poin di atas, diharapkan perlindungan maksimal bagi tubuh dapat diwujudkan. Tetap terapkan protokol kesehatan yang lain seperti mencuci tangan dan membatasi mobilitas agar meminimalisir adanya kemungkinan terpapar Covid-19. Apabila mengalami gejala Covid-19, segera menuju fasilitas kesehatan terdekat agar dapat mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

sumber :

  1. https://covid19.go.id/artikel/2021/07/03/cara-penggunaan-masker-ganda-menurut-dr-reisa 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait