One Stop Service, Layanan Deteksi Dini Kanker Paru di RSUP Persahabatan


One Stop Service, Layanan Deteksi Dini Kanker Paru di RSUP Persahabatan

Saat ini diketahui bahwa kanker merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan kematian terbanyak kedua setelah penyakit jantung. Adapun untuk jenis kanker yang paling banyak ditemukan di tengah masyarakat Indonesia adalah kanker paru dan hati pada laki-laki.

Sedangkan pada perempuan, jenis kanker yang paling banyak ditemukan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Salah satu penyebab banyaknya kasus kanker di tengah masyarakat adalah perubahan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan penggunaan bahan pengawet pada makanan. Sehingga dengan demikian, kanker akan mudah terpicu dengan beberapa hal diatas.

Apabila dilihat lebih jauh mengenai penyebab tingginya angka kanker paru di Indonesia, hal ini dikarenakan tingginya angka perokok di Indonesia. diketahui berdasarkan Survei Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021, bahwa jumlah perokok di Indonesia terbesar ketiga di dunia dan menjadi negara dengan laki-laki perokok terbanyak di dunia.

Merespon hal tersebut, Prof. dr. Agus Dwi Susanto selaku Direktur utama RSUP Persahabatan menyatakan bahwa RSUP Persahabatan menyediakan layanan One Stop Service, Deteksi dini kanker paru.

One Stop Service merupakan sebuah layanan terpusat dalam ruang unit medical check up (MCU) yang memungkinkan pasien untuk lebih mudah dalam memeriksakan kesehatannya dalam satu tempat.

Adapun terkait fasilitas deteksi dini MCU untuk kanker paru RSUP Persahabatan antara lain:

  1.  Dokter spesialis dan sub spesialis paru di bidang onkologi thorax.

  2. Peralatan rontgen thorax, CT scan.

  3. Laboratorium lengkap dan canggih dalam pelayanan One Stop Service termasuk penanda tumor (tumor marker) dan pemeriksaan biomolekuler.

  4. Konsultasi hasil MCU.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, pasien cukup dengan membuka website RSUP Persahabatan di https://www.rsuppersahabatan.co.id/  pada satu hari sebelum pemeriksaan. 

 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait