Penggerakan GERMAS Digital


Penggerakan GERMAS Digital

Koordinasi Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Daerah telah dilaksanakan pada tanggal 8-10 Desember 2021 bertempat di Lido Lake Resort Bogor.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat peran lintas sektor di daerah untuk implementasi pembudayaan GERMAS. Pertemuan mengundang perwakilan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Pengelola promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan dari seluruh Provinsi, perwakilan Dunia Usaha dan organisasi kemasyarakatan, serta lintas program Kementerian Kesehatan.

Hasil dari pertemuan ini didapatkan adanya kesepakatan dalam mendukung upaya pembudayaan Germas dalam penggerakan masyarakat berskala nasional. Pemanfaatan sosial media menjadi salah satu strategi dalam mendukung upaya penggerakan tersebut, dengan harapan kegiatan ini mempunyai daya ungkit yang luas dan media sosial sebagai salah satu sarana informasi yang sangat banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di masa sekarang terutama kalangan muda.

Germas terbagi menjadi 2 (dua) gerakan besar. Pertama, Gerakan Pembudayaan Germas dan kedua yaitu Gerakan 3 (tiga) prioritas penggerakan nasional. Secara implementatif, Kementerian Kesehatan di tingkat pusat akan membuat 3 (tiga) gerakan Germas prioritas nasional di tingkat pusat berdasarkan kesepakatan Lido.

Tiga Gerakan Nasional

Tiga Gerakan tersebut yaitu (#gerakan30Menit, #kerendimakan, #beraniberhenti) melalui kegiatan advokasi, penyusunan strategi penggerakan masyarakat dan launching gerakan).

Gerakan 30 Menit merupakan salah satu penggerakan dalam mendukung aktifitas secara rutin. Gerakan 30 Menit merupakan kegiatan serentak yang dilakukan minimal 1 kali seminggu di semua tatanan (sekolah, institusi Kesehatan, tempat kerja dan tempat-tempat umum), Gerakan Nasional akan dilaksanakan dalam momen peringatan Hari Olahraga Nasional yang diperingati pada tanggal 09 September 2021. Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional, Pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan dapat menghimbau semua jajaran untuk melaksanakan gerakan ini secara serentak.

Gerakan #kerendimakan untuk mengampanyekan bahwa “makan buah itu selain sehat juga keren”. Kegiatannya antara lain menghimbau semua anak sekolah untuk membawa bekal buah minimal sekali seminggu. Momen penggerakan nasional jatuh pada Peringatan Hari Gizi Nasional (25 Januari 2022) dan Hari Pangan Sedunia (16 Oktober 2022).

Gerakan #beraniberhenti adalah Gerakan untuk melakukan komitmen berhenti merokok dan dilakukan secara online dengan link yang disediakan oleh WHO melalui momen Hari Tanpa Tembakau Sedunia (setiap tanggal 31 Mei). Aksi ini memakai hashtag #beraniberhenti #aksiGermas.

Untuk lebih detailnya, Kementerian Kesehatan akan membuatkan panduan umum untuk mempermudah pelaksanaan Gerakan Nasional ini. Tiga penggerakan ini diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak dan dapat dilaksanakan di seluruh daerah.

 

Link Materi dan dokumentasi:

http://link.kemkes.go.id/KoordImplementasiGermas

 

Penggerakan GERMAS Digital 2012-12

Kontributor:

Sakri Sab’atmaja, SKM, M.Si

Dwi Adi Maryandi, SKM, MIPH

Muslimah, SKM, MKM

Bayu Aji, SE, MSc.PH

Febrima Wulan, SKM, MPH

Nurul Desita Sari, SKM

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait