5 Langkah Mencegah paparan Covid-19 Selama di Perjalanan


5 Langkah Mencegah paparan Covid-19 Selama di Perjalanan

Mobilitas yang tinggi di masa pandemi Covid-19 merupakan hal yang cukup membahayakan, karena akan meningkatkan kemungkinan terpapar Covid-19. Meski pemerintah telah memberikan pelonggaran mobilitas, namun tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 masih belum benar-benar hilang dari Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan persiapan agar tidak terpapar Covid-19 selama di perjalanan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir potensi terpapar Covid-19 selama di perjalanan, diantaranya adalah:

  1. Gunakan masker medis 3 lapis yang menutupi hidung, mulut dan dagu

  2. Tidak saling berbicara

  3. Ganti masker secara berkala (maks 4 jam)

  4. Tidak makan dan minum selama berada di perjalanan yang kurang dari 2 jam

  5. Rutin mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan Indonesia tidak lagi mengalami kenaikan angka kasus aktif selama masa pelonggaran mobilitas masyarakat. Selain itu juga diharapkan masyarakat juga bisa tetap bekerja dan melakukan mobilitas yang aman, nyaman, dan bebas dari paparan Covid-19.

Jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dosis primer maupun booster dan segera lakukan isolasi mandiri serta melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala Covid-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

Editor: Astasari

Mutiara Mutia Rani 

 

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait