Cegah Anemia dengan Mengonsumsi 4 Sayur Ini


Cegah Anemia dengan Mengonsumsi 4 Sayur Ini

Makhluk hidup yang dilahirkan tentu saja akan mengalami kematian. Oleh karena itu, manusia yang hidup di bumi akan melalui 5 tahap kehidupan, yaitu: bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Dari berbagai tingkat pertumbuhan manusia tersebut, artikel ini akan secara khusus membahas remaja Indonesia sekaligus anemia yang banyak dihadapi oleh mereka.

 

Menurut Kemenkes RI, remaja merupakan anak yang berusia diantara 10-18 tahun. Di Indonesia, jumlah remaja mencapai 20% dari total keseluruhan masyarakat dan 21.478 merupakan remaja wanita. Berlandaskan data di tahun 2018 yang menunjukkan 17,7% dari total masyarakat Indonesia mengalami kekurangan gizi, 48,9% diantaranya mengalami Anemia.

 

Anemia
Anemia adalah keadaan dimana tubuh Soba & Sosa mengalami kekurangan zat besi dan sel darah merah. Dari 48,9% total masyarakat Indonesia yang mengalami anemia, 23% diantaranya adalah remaja wanita. Penyebab mereka mengalami anemia pun beragam, bisa karena mengonsumsi kafein secara berlebihan, kehilangan banyak darah maupun kurang mengkonsumsi mineral dan vitamin B12. 

 

Dengan mengalami anemia dapat berdampak buruk terutama untuk remaja wanita yang akan mengalami menarche (haid) yang mengeluarkan darah dari vagina. Ini dikarenakan remaja wanita akan mengalami penurunan imunitas, kemampuan berkonsentrasi, kebugaran tubuh serta produktivitas.

 

Meski berbahaya, tapi Soba & Sosa bisa menghindari anemia dengan makan daging, sayuran hijau, kacang, dan biji-bijian. Ini dikarenakan kumpulan makanan tersebut mengandung tinggi zat besi, aman folat, vitamin A dan D.

 

Sayuran Penambah Darah
Untuk menambah darah, salah satu cara yang bisa Soba & Sosa lakukan yaitu memakan sayur-sayur. Ini dikarenakan sayuran hijau mengandung tinggi asam folat, vitamin B9, dan zat besi yang bisa penuhi kebutuhan harian manusia yaitu 400 mcg asam folat per hari, 500 mcg vitamin B9, dan 11 mg zat besi untuk pria serta 15 mg untuk remaja Indonesia.

 

Berikut adalah beberapa sayur yang bisa Soba & Sosa konsumsi untuk membantu menambah darah:
Bayam

 

Oleh karena bayam mengandung nitrat yang tinggi (845 mg) yang bisa diubah menjadi oksida nitrat, maka dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah dan sirkulasi darah pada tubuh.

 

Tomat merupakan salah satu sayur yang bisa membantu mencegah anemia karena mengandung vitamin C yang bisa memaksimalkan penyerapan zat besi. Dalam 100 gram tomat mengandung 40 miligram vitamin C untuk penuhi kebutuhan remaja, dimana maksimal kebutuhan wanita adalah 75 mg dan pria 90 mg. Ini menunjukkan 100 gram tomat sudah bisa memenuhi setengah dari kebutuhan primer Soba & Sosa.

 

Kandungan beta-karoten pada sawi bisa membantu tubuh dalam menyerap zat besi untuk mencegah anemia, yaitu 1,675 mikrogram beta-karoten per 100 gram sawi hijau.

 

Selain bagus untuk rambut dan kulit, bit merah juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, mengobati gangguan menarche dan anemia. Per 100 gram bit merah juga mengandung 0,8 mg zat besi yang bisa membantu menambah sel darah merah pada tubuh Soba & Sosa.

 

Selain sayuran yang #KerenDimakan di atas, daging, biji-bijian, dan masih ada sayuran hijau lainnya yang bisa menambah darah. Temukan jenis sayuran hijau tersebut di postingan Instagram @KerenDimakan ya, Soba & Sosa!

 

Reference:
https://www.kemkes.go.id/article
https://www.bps.go.id/indikator
https://www.kemkes.go.id/article
https://ciputrahospital.com/apa-itu-anemia/ 
https://www.alodokter.com/cegah-anemia-dengan-makanan
https://www.orami.co.id/magazine
https://gaya.tempo.co/read
https://www.alodokter.com/buah-dan-sayuran
https://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita
https://www.redoxon.co.id/lebih-sehat-setiap-hari
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait