Isi Piringku: Pedoman Makan Kekinian Orang Indonesia


Isi Piringku: Pedoman Makan Kekinian Orang Indonesia

Apakah kamu tidak asing dengan konsep “4 sehat 5 sempurna”? Ternyata, konsep 4 sehat 5 sempurna sudah sejak lama digantikan dengan pedoman makan baru yang bernama “Isi Piringku”. Nah, apakah kamu tahu apa perbedaan di antara keduanya? Pedoman mana yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan gizi harian kita? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini! 


 
Konsep 4 Sehat 5 Sempurna vs Isi Piringku 
Soba & Sosa mungkin sudah sangat familiar dengan konsep ”4 sehat 5 sempurna” karena konsep ini sudah ada sejak tahun 1952. Empat sehat, berarti menu makanan yang mengandung makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Susu, berperan sebagai ‘penyempurna’ dalam konsep ini. 
 

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu serta adanya penyempurnaan oleh para ahli gizi, konsep 4 sehat 5 sempurna tidak lagi digunakan dan digantikan dengan pedoman gizi seimbang “Isi Piringku”. Bukan hanya mengatur jenis makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi setiap kali makan, pedoman ini juga memberikan informasi terkait porsi yang sebaiknya dikonsumsi agar bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam satu hari. 
 

Panduan Kekinian dari Kemenkes 
Isi Piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Dalam satu piring setiap kali makan, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk. Selain itu, Isi Piringku juga memuat ajakan untuk mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, dan mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan setelah makan. 

 
Bersama dengan kampanye #KerenDimakan, Kementerian Kesehatan ingin mengajak kamu meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan kita, namun  berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2018), hanya sekitar 4,5% penduduk Indonesia yang mengonsumsi sayur dan buah sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia, yaitu 5 porsi sayur dan buah setiap harinya. 
 

Yuk, pelajari lebih lanjut pentingnya konsumsi sayur dan buah dengan mengikuti Instagram @KerenDimakan. Kamu juga bisa cek resep-resep keren sayur dan buah yang bisa mempermudah kamu dalam menerapkan ”Isi Piringku” setiap hari. Tetap sehat dan keren ya, Soba & Sosa! 
 

Referensi: 

 

https://kesmas.kemkes.go.id/konten

https://www.kemkes.go.id/article

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait