Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Cukupi Asupan Sayur dan Buah


Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Cukupi Asupan Sayur dan Buah

Selama masa pandemi, apakah Soba & Sosa sering mendengar anjuran untuk memperkuat daya tahan tubuh untuk mencegah tertularnya COVID - 19? Jika iya, bagaimana cara memperkuatnya? Temukan jawabannya di artikel ini!

Makan dengan gizi seimbang dan aman dapat memperkuat kekebalan tubuh, yang akhirnya dapat menurunkan resiko terkena penyakit kronis dan penyakit menular seperti COVID-19. Aneka sayur dan buah merupakan sumber terbaik berbagai vitamin, mineral dan serat yang dapat berperan sebagai antioksidan dalam membantu sistem imun.

 

Apa sih yang dimaksud dengan sistem imun?

 

Sistem imun adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri dan jamur yang biasa disebut patogen. Sistem imun kitalah yang akan mengenali zat asing berbahaya seperti patogen yang masuk dan berupaya untuk menghilangkan atau mengeluarkannya dari dalam tubuh.

 

Bagaimana caranya memperkuat sistem imun?

 

Jadi, Soba & Sosa harus menjaga pola makan yang baik untuk memperkuat sistem imun tubuh. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan kita untuk menerapkan konsep “Isi Piringku” setiap kali makan supaya kebutuhan gizi kita terpenuhi.

 

Selain makanan pokok sebagai sumber karbohidrat dan lauk-pauk sebagai sumber protein, “Isi Piringku” menganjurkan kita untuk mengonsumsi buah dan sayur yang #KerenDimakan yang kaya vitamin dan mineral sebanyak setengah dari isi piringmu (⅔ sayur dan ⅓ buah). Rekomendasi jumlah buah dan sayur yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah 400 - 600 gram per hari bagi remaja seperti kamu Soba & Sosa, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2½ porsi atau 2 ½ gelas air kemasan sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah (1½ potong pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

 

Kalau Soba & Sosa merasa jumlah buah dan sayur yang dimakan masih kurang dari anjuran di atas, ayo perbanyak lagi makan buah dan sayurnya. Supaya tidak bosan makan sayur dan buah yang itu-itu aja, Soba & Sosa bisa kreasikan menu makanan dengan resep yang ada di Instragam @KerenDimakan.

 

Oh ya Soba & Sosa, selain perbanyak makan sayur dan buah, jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas per hari, olahraga teratur, cukup tidur, menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar tubuh tetap kuat. Selain itu, di masa pandemi ini, Soba & Sosa juga perlu vaksinasi COVID-19 minimal 2 kali dan melaksanakan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) agar terhindar dari tertularnya COVID-19. Tetap sehat dan keren ya, Soba & Sosa!

 

Referensi

 

  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

  • Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi COVID-19. “Lindungi Keluarga”. Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Jakarta.

  • Marliana N. dan Widhyasih R.M. 2018. Imunoserologi. Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medik (TLM). Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19) Revisi Ke-5. Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, Jakarta.

  • Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/Menkes/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait