GLL

Ingin Diet Tanpa Lemas dan Lapar? 3 Tips Ini Kuncinya


Ingin Diet Tanpa Lemas dan Lapar? 3 Tips Ini Kuncinya

Setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing, hal ini juga ditemukan pada kinerja tubuh. Maka wajar jika setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan.

Pandangan ini dikenal pula sebagai bio-individuality. Prinsip bio-individuality adalah menganggap tidak ada cara diet atau pola makan yang cocok untuk semua orang. Setiap tubuh akan memberikan reaksi berbeda pada makanan tertentu, bahkan makanan yang bermanfaat untuk seseorang justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada orang lain.

Menerapkan prinsip diet bio-individuality dapat membantu tubuh lebih sehat, termasuk untuk menjaga berat badan. Pemilihan makanan tepat sesuai kebutuhan tubuh tidak hanya baik untuk diet, tetapi memastikan kita cukup nutrisi dan energi.

 

  1. Perbanyak Sayur

 

Tambahkan asupan sayur, terutama sayur daun-daunan berwarna hijau gelap. Jenis sayuran seperti kale dan bayam ini mengandung banyak vitamin K, vitamin E, dan folat yang bisa mencegah peradangan pada tubuh. Lakukan eksperimen, apakah tubuh kita terasa lebih sehat dan berenergi mengonsumsi sayur mentah atau sayur yang dimasak.

 

  1. Kurangi Gula

 

Secara biologi, kita akan selalu ingin mengonsumsi gula. Namun gula akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Maka dianjurkan mengurangi konsumsi gula, terutama pemanis buatan. Pelajari efek gula, baik gula alami dari sayur dan buah maupun gula tambahan pada makanan olahan.

 

  1. Konsumsi Lemak Sehat

 

Lemak penting untuk fungsi tubuh, tetapi jenis lemak yang kita konsumsi tidak semuanya baik untuk kesehatan. Berbagai penelitian menunjukkan jika tubuh merespons negatif pada lemak trans dan lemak jenuh. Hindari makanan yang mengandung jenis lemak-lemak jahat tersebut untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

Konsumsi Sesuai Kebutuhan

Diet yang menunjukkan efek langsung pada orang lain belum tentu cocok untuk tubuh kita, maka konsumsi makanan sesuai apa yang telah kita ketahui efeknya. Pilih makanan yang membuat tubuh berenergi dan sehat.

Dengan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh, kita akan lebih sehat dan lebih mudah mengatur berat badan. Menyesuaikan makanan dengan diet bio-individuality juga lebih aman untuk tubuh. Jangan lupa untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. 

Untuk gambaran mudah mengetahui porsi makan dengan gizi seimbang dalam satu piring, cek panduan Isi Piringku!

 

"setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan."
Apa Kata Ahlinya
dr. Raden Kodijat
dr. Raden Kodijat
Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Universitas Indonesia

Menerapkan prinsip diet bio-individuality dapat membantu tubuh lebih sehat, termasuk untuk menjaga berat badan.

Kalender

Media Lainnya


Artikel Terkait